Pro dan Kontra Berhubungan dengan Teman Satu Kantor | Breaktime
Personal Vs Profesional, Pro-Kontra Pacaran dengan Teman Sekantor
10.08.2015

Cinta memang ‘sesuatu’ yang memiliki definisi beragam dan tidak punya bentuk atau ukuran yang dapat membatasinya. Perasaan tersebut bisa saja datang secara tiba-tiba, bahkan di tempat yang tak ‘semestinya’, seperti di kantor.

Tidak sedikit asmara dan romantisme antara dua insan terbentuk karena intensitas bertemu di area kantor. Bahkan, banyak pula yang akhirnya sampai pada jenjang perkawinan.

Akan tetapi, seiring dengan fenomena semacam ini, ada banyak perusahaan yang tidak memperbolehkan terjadinya ikatan emosional antara dua insan dalam satu tempat kerja karena berbagai alasan. Salah satunya adalah khawatir terjadi penurunan kualitas dan performa kerja karena  harus membagi profesionalitas dengan urusan hati. Berikut ini beberapa pros and cons menjalin hubungan dengan rekan kerja yang telah Breaktime rangkum:

Pros

Miliki pasangan satu kantor menjadikan tempat kerja sebagai great place to meet everyday
Miliki pasangan satu kantor menjadikan tempat kerja sebagai great place to meet everyday
  • Dengan memiliki pasangan di tempat kerja, maka B’timers dapat ‘mengontrol’ tingkah laku pasangan setiap hari.
  • Toleransi waktu bertemu dengan pasangan juga akan sangat sering terjadi karena berada dalam satu lingkup yang sama. 
  • B’timers juga dapat lebih termotivasi untuk terus datang ke tempat kerja dan menumbuhkan rasa semangat kerja.
  • Selain itu, ketika sedang memiliki masalah dengan pekerjaan, pasangan bisa jadi tempat curhat yang paling nyaman.

Cons

Objektifitas menjadi berkurang ketika miliki pasangan satu kantor
Objektifitas menjadi berkurang ketika miliki pasangan satu kantor
  • Walaupun akan memiliki semangat untuk datang ke tempat kerja, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa dengan memiliki pasangan satu perusahaan, maka sisi profesionalitas seseorang akan tereduksi. Bahkan ketika terjadi masalah pribadi, hal tersebut juga berimbas pada pekerjaan yang ditangani keduanya.
  • Selain itu, karena terlalu seringnya bertemu, maka rasa bosan juga akan lebih besar dan membuat alur hubungan menjadi menjemukan. 
  • Jadi bahan gosip karena berpacaran dengan rekan satu kantor merupakan hal yang tak terhindarkan.
  • Kecemburuan juga menjadi salah satu sisi kontra berpacaran dengan rekan kantor. Ketika bekerja, akan terjadi interaksi dengan berbagai macam orang yang bisa memicu rasa cemburu.

Tentu saja B’timers tidak dapat membendung munculnya perasaan cinta. Akan tetapi dengan tetap mengedepankan profesionalitas, maka Anda dapat mengatur hubungan agar tetap terjalin dan tempat kerja tidak dirugikan. So, don’t dip your pen in the company ink ya, B’timers.

Share This Article