Persalinan Lancar dengan Senam Ibu Hamil 8 Bulan | Breaktime
Persalinan Lancar dengan Senam Ibu Hamil 8 Bulan
20.10.2017

Selama masa kehamilan, ada banyak hal yang sebaiknya dilakukan ibu hamil demi menmastikan kesehatan Anda dan calon jabang bayi. Selain menjaga asupan nutrisi Anda berdua, Moms bisa melakukan gerakan senam dan latihan fisik khusus untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar selama hamil. Pada trimester akhir, terdapat gerakan senam khusus yang tak hanay menyehatkan namun juga bisa membantu melancarkan proses persalinan. Berbagai gerakan ringan dalam senam ibu hamil 8 bulan bertujuan membantu agar pelebaran mulut rahim selama persalinan bisa berjalan lancar.

Selain menguatkan dan melenturkan panggul, gerakan senam tersebut juga berfungsi untuk memutar tubuh bayi menuju posisi menjelang persalinan. Idealnya, B’timers telah mulai melakukan senam pada bulan-bulan awal kehamilan. Senam hamil pada trimester akhir memfokuskan gerakan di sekitar panggul dan jalan lahir, tepatnya untuk menguatkan otot punggung, pelvis, dan paha, menjaga postur tubuh, serta melancarkan peredaran arah di tubuh bagian bawah Anda. Meski melahirkan secara sesar tidak ada salahnya apabila terdapat komplikasi yang dapat dihindari, kelahiran normal merupakan harapan semua ibu hamil karena prosesnya yang mudah, cepat, hingga minim risiko medis dan kematian. 

Kegel

Kegel pada dasarnya merupakan kontraksi yang terjadi pada otot pelvis. Gerakan kegel sangat perlu dilakukan pada masa trimester ketiga kehamilan karena dapat membantu memperkuat otot dasar panggul agar Ladies bisa melahirkan dengan lebih mudah dan lancar. Selain itu, senam kegel juga dapat kecenderungan ngompol pada saat hamil tua dengan cara melatih otot di sekitar organ uretra dan kandung kemih. Disebut juga sebagai latihan otot pelvis, senam kegel sangat perlu dilakukan ibu hamil karena otot di seputar pelvis, vagina, dan rektum Anda menahan beban yang cukup besar selama masa kehamilan. Moms bisa melakukan gerakan senam kegel dengan cukup mudah di mana saja, saat duduk maupun berdiri sekalipun. Lakukan senam kegel dengan cara menahan maupun mengkontraksikan otot pelvis Anda. Tahan gerakan kontraksi tersebut selama 10 detik kemudian lepaskan secara perlahan. Ulangi gerakan senam hamil yang cukup sederhana ini selama 15 hingga 20 kali dalam sehari. 

Persalinan Lancar dengan Senam Ibu Hamil 8 Bulan | Breaktime
Tak hanya mneyehatkan, senam hamil juga bisa mempermudah proses persalinan lancar

Pelvic Stretch

Melakukan gerakan peregangan pada otot pelvis merupakan salah satu gerakan senam ibu hamil 8 bulan yang dianjurkan untuk membantu proses persalinan normal secara lancar dan mudah. Gerakan senam ini dapat Anda lakukan di atas bantal, kursi, maupun exercise ball. Setelah duduk, pastikan punggung Anda tetap tegak dan kaki Anda terletak dalam posisi rata di atas lantai lalu rentangkan kaki Anda selebar mungkin.gerakan senam hamil yang satu ini dapat membantu meregangkan dan menggerakkan otot pelvis Anda maju dan mundur. Ulangi gerakan senam ini sesuai kenyamanan Anda, setidaknya dengan frekuensi 20 kali dalam sehari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Revolusi Seks Hugh Hefner, Mendiang Bos Playboy

Pose Kupu-Kupu

Ladies bisa melakukan gerakan senam ini untuk melatih kekuatan otot paha serta menghilangkan keluhan sakit punggung yang sering terjadi saat hamil 8 bulan. Caranya mudah saja, yakni dengan mengambil posisi duduk tegak lalu menyatukan kedua telapak kaki di arah depan. Selanjutnya, tekan kedua lutut Anda hingga menyentuh lantai beberapa kali. Lakukan pose kupu-kupu selama 15 menit hingga beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ladies, Sex Habit Ini Ternyata Dibenci Para Pria

Berbaring Normal

B’timers merasa kepayahan dan ingin berbaring seharian? Jangan lupa lakukan gerakan senam dasar bagi trimester ketiga kehamilan dengan cara berbaring tanpa beban di dekat tembok. Selanjutnya, angkat kaki Anda hingga menempel ke tembok lalu posisikan tangan di sisi samping tubuh. Lanjutkan dengan gerakan kaki yang rileks dan perlahan. Selama melakukan gerakan ini, pastikan Moms bisa mengatur napas Anda dengan baik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Traveling Saat Masa-Masa Kehamilan, Siapa Takut?

Merangkak

diawali dengan gerakan merangkak biasa, B’timers bisa melanjutkan dengan membawa tangan kanan ke arah depan bersamaan dengan kaki kiri yang diangkat ke sisi belakang. Luruskan kaki dan tangan dan pandangan lurus ke depan, lalu ulangi dengan tangan dan kaki berbeda. Tak lupa, tetap atur napas Anda selama melakukan gerakan senam hamil yang satu ini.

Itu dia beberapa gerakan senam ibu hamil 8 bulan yang tak boleh Anda lewatkan menjelang masa bersalin. Semoga kehamilan Anda senantiasa sehat ya Moms! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE