Penyebab Keputihan Pada Wanita Hamil | Breaktime
Penyebab Keputihan Pada Wanita Hamil
27.08.2017

Keputihan adalah hal yang sangat wajar dan biasa terjadi pada sebagian besar wanita. Keputihan memang identik dengan masalah kesehatan reproduksi. Jadi tak heran jika Anda langsung freak-out saat mengetahui bahwa Anda sedang mengalami keputihan. Terlebih lagi jika saat ini Anda sedang hamil. Wah, pasti langsung terbayang berbagai macam kemungkinan mengerikan yang mengincar Anda dan janin ya? Normal gak sih mengalami keputihan saat hamil, dan juga apa penyebab keputihan pada wanita hamil?

Hmmm, buat sekarang Anda bisa menarik napas lega, Moms. Menurut Karen Nordahl, M.D. yang merupakan co-founder dari sebuah organisasi ibu hamil di Vancouver mengatakan kalau ternyata keputihan selama hamil tergolong peristiwa normal dan tidak harus dikhawatirkan. Eh, tapi ternyata itu semua bergantung pada penyebab keputihan pada wanita juga, lho. Hayo, keputihan Anda beneran normal dan tidak berbahaya atau gak?

Penyebab Keputihan Pada Wanita Hamil | Breaktime
Penyebab keputihan pada wanita hamil. Apa saja?

Beberapa ibu hamil terkadang mengalami keputihan dengan tanda-tanda berupa rasa gatal dan kaku di area vagina. Selain itu dari dalam vagina Anda keluar cairan kental berwarna putih yang serupa dengan keju cottage, tapi tanpa bau. B’Timers yang mengalami keputihan dengan gejala di atas juga merasakan rasa sakit saat melakukan hubungan seks, dan vagina berasa panas terbakar saat Anda sedang buang air kecil?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Setelah Bercerai, Bisakah Tetap Bahagia?

Sounds familiar? Wah, bisa jadi keputihan tersebut disebabkan oleh infeksi jamur. Infeksi ini disebabkan oleh yeast infestation  akibat adanya ketidakseimbangan bakteri Lactobacillus yang ada di dalam area vagina. Tapi untungnya, gejala keputihan tersebut cenderung normal. Pasalnya, selama Anda hamil tubuh Anda akan mengalami gejolak hormon. Nah, salah satu dampak dari perubahan hormon itu adalah pertumbuhan jamur yang tidak terkendali sehingga mengakibatkan keputihan.

Keputihan juga bisa disebabkan oleh Bacterial Vaginosis. Apa itu? Bacterial Vaginosis, or let’s call it BV, adalah sebuah infeksi yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan bakteri yang hidup di dalam vagina. Sekilas mirip banget ya dengan penjelasan yeast infection di atas? Hanya saja bedanya, cairan keputihan yang dikeluarkan umumnya memiliki arom a yang tidak sedap, alias amis. Selain itu, Anda juga akan merasakan sensasi panas terbakar di area vagina Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bocoran Tips Pernikahan Adem Ayem Kristen Bell

Dan dibandingkan dengan gejala yeast infection, BV ini tergolong fatal jika dibiarkan terus-menerus. Bakteri penyebab Bacterial Vaginosis ini bisa juga langsung merambat naik ke uterus dan mengakibatkan peluruhan membran yang dibutuhkan agar bayi Anda si berkembang. Akibat yang paling fatal dari penyakit ini adalah Anda mengalami persalinan dini. Alias bayi Anda akan terlahir dalam keadaan prematur. Menyeramkan, ya?

STDs (Sexual Transmitted Diseases) ternyata juga bisa jadi penyebab keputihan lho, B’Timers. Contohnya, gejala awal dari penyakit Gonorrhea seringkali diawali dengan cairan keputihan berwarna kekuning-kuningan. Penyakit Gonorrhea ini sangat berbahaya lho, apalagi jika sampai menjangkit wanita hamil. Akibat dari Gonorrhea bermacam-macam, mulai dari keguguran, kehamilan ektopik, endometritis, dan kelahiran prematur. Dan kalaupun bayi Anda berhasil survive, besar kemungkinan ia akan terkena konjungtivis, sepsis, radang sendi, infeksi kulit kepala, meningitis, hingga kebutaan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Disfungsi Ereksi? Ini Cara Bangkitkan Gairah!

Selain penyakit gonorrhea, penyakit trichomoniasis (“trich”) juga bisa menyebabkan cairan keputihan berbuih dengan warna kuning kehijauan. Jika saat hamil Anda terekspos dengan penyakit seksual menular satu ini, bayi Anda bisa saja terlahir prematur, atau terlahir dengan berat badan yang rendah. Selain itu, Anda wajib waspada B’Timers! Karena penyakit satu ini juga bisa mengakibatkan Anda jadi lebih berisiko terkena HIV.

Sudah tahu kan beberapa penyebab keputihan pada wanita hamil? Gak usah panik, B’Timers. Karena ada kok cara-cara mengatasi keputihan pasca melahirkan. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE