Overprotective Akan Hancurkan Jalinan Cinta Anda | Breaktime
Overprotective Justru Akan Hancurkan Jalinan Cinta Anda
02.12.2015

Jika hewan, seperti kuda atau kerbau, dikekang mungkin akan menurut saja, akan tetapi bagaimana jika manusia diperlakukan sama? Tentunya tidak sedikit yang justru akan berontak, kan?

Nah, untuk urusan percintaan, pengekangan seperti ini pada umumnya dikenal dengan nama overprotective. Tidak hanya pria saja yang tidak suka akan pengekangan seperti ini, wanita pun tidak kalah jengah jika pasangannya terlalu membatasi ruang gerak dan aktivitasnya, sampai-sampai hanya sekadar pergi hang-out keluar bersama teman atau sahabat saja harus melewati ‘bukit persyaratan’ yang berbelit-belit.

Mungkin B’timers akan bertanya-tanya tentang beda antara posesif dan overprotective. Well, secara garis besar, posesif memiliki artian bahwa seseorang yang takut kehilangan pasangannya dan menunjukkan dominasinya untuk mengatur apa saja yang harus dilakukan pasangannya tersebut agar tidak direbut oleh orang lain. Dikarenakan takut kehilangan, maka seorang posesif akan memberikan perhatian yang sangat berlebihan dan justru hal tersebut membuat pasangannya tidak nyaman.

Sedangkan overprotective lebih cenderung ke masalah perlindungan yang berlebihan dan juga membuat pasangannya tidak nyaman karena setiap langkahnya selalu dibatasi dengan alasan takut si dia mendapatkan musibah. Padahal dalam kacamata orang umum, hal tersebut adalah biasa dan tidak perlu dikhawatirkan.

Overprotective Akan Hancurkan Jalinan Cinta Anda | Breaktime
Dengan pembatasan-pembatasan tersebut, justru akan membuat si dia mati dan tidak dapat berkreasi

Berbicara mengenai masalah overprotective, menurut banyak pakar kejiwaan atau juga psikolog, jika B’timers terlalu khawatir dan memberikan perlindungan yang berlebihan justru bukan rasa aman dan nyaman yang akan dirasakan oleh si dia, melainkan rasa jenuh, jengkel dan tidak enak karena semua aktivitasnya merasa terbelenggu.

Bahkan dengan overprotective, pasangan akan sulit untuk ‘bernapas’ merasakan ‘kebebasannya.’ Oleh karenanya, tidak sedikit yang mengatakan bahwa overprotective sangat buruk dan tidak sepatutnya ada atau diterapkan dalam sebuah hubungan.

Memang sih, setiap orang pastinya ingin sekali melindungi atau care terhadap pasangannya, akan tetapi dengan sedikit memberikan kelonggaran dan berperilaku wajar, maka justru hubungan akan lebih menyenangkan dan indah.

Untuk itu, ada beberapa tips agar Anda dapat menyingkirkan keingingan untuk terlalu perhatian dan melindungi berlebihan tersebut agar hubungan berjalan lebih baik:.

Percaya

Kepercayaan adalah satu hal yang sangat mutlak untuk ada dalam sebuah hubungan. Dengan saling percaya, maka hubungan yang sehat akan tercipta.

Komunikasi

Jika jarang sekali terjalin komunikasi, maka buat apa melanjutkan hubungan tersebut, bukan? Dalam membangun sebuah hubungan yang baik, perlu adanya komunikasi intens. Komunikasi dapat membantu antar-pasangan untuk berbagi perasaan dan emosi serta kepercayaan. Walaupun dirasa penting, tapi komunikasi yang dijalin harus tetap menjunjung tinggi respect dan tahu kapan harus bicara dan kapan harus mendengar.

Overprotective Akan Hancurkan Jalinan Cinta Anda | Breaktime
Dengan mengetahui apa yang diinginkan masing-masing, maka jalinan hubungan akan terasa lebih menyenangkan

Berikan keleluasan

Dengan memberikan ruang agar si dia dapat ‘bernapas,’ maka B’timers juga termasuk sudah ikut membangun inti untuk hubungan yang diidam-idamkan. Selain itu, ketika si dia atau Anda sendiri mendapatkan ruang, maka B’timers dapat lebih leluasan untuk mengembangkan segala sesuatu yang diinginkan bukan? So, give him or her space to explore the world he or she know.

Cinta

Tentu saja tanpa dasar cinta dan kasih sayang, maka tidak akan ada hubungan yang dapat berjalan dan tumbuh menjulang. Untuk menciptakan cinta yang berkualitas dalam sebuah hubungan maka dibutuhkan kepercayaan, perhatian, kasih sayang, keikhlasan sampai dengan komunikasi yang sehat.

Nah, jangan kekang pasangan Anda jika Anda sendiri tidak mau dikekang. Balancing everything and trust your spouse  (das)

Share This Article