Mood Berubah-ubah saat PMS? Ini Alasannya! | BREAKTIME
Mood Berubah-ubah saat PMS? Ini Alasannya!
05.03.2015

“Speak when you are angry and you will make the best speech you will ever regret.” 
-Ambrose Bierce-

Meskipun tidak semua mengalami gejala PMS (Pre-menstrual Syndrome) berupa mudah marah dan sedih, namun sebagian besar wanita mengalaminya. Sebenarnya, apa sih penyebab mood swings? Baiklah, tidak perlu bertele-tele lagi, berikut ini telah Breaktime rangkum dengan jelas tentang gejala dan penyebab mood berubah-ubah:

Hormon meningkat

Sebuah penelitian mengatakan bahwa perubahan suasana hati yang dialami oleh wanita pada saat PMS terjadi karena hormon estrogen meningkat. Peningkatan hormon tersebut juga mempengaruhi peningkatan hormon yang lainnya seperti endorphins, serotonin, kortisol dan epinephrine. 

Endorphins dan serotonin merupakan hormon yang bisa menimbulkan perasaan senang dan membuat tubuh kurang sensitif terhadap nyeri dan rasa sakit. Namun di sisi lain, kortisol dan epinephrine merupakan hormon yang memicu timbulnya rasa kesal dan marah. Tidak heran jika peningkatan jumlah keempat hormon tersebut secara bersamaan membuat suasana hati berubah-ubah setiap saat.

Ovarium tidak dibuahi

Gampang marah saat PMS juga disebabkan karena tubuh sedang mempersiapkan kehamilan sehingga membuat brain chemical (progesteron dan estrogen) mengalami perubahan drastis, progesteron meningkat sedangkan dan estrogen mengalami penurunan. Pada masa itu, hormon tersebut menebal dan membentuk sponge di dinding rahim. 

Namun karena telur tidak dibuahi, lapisan sponge didinding rahim yang sudah siap tadi kemudian meluruh dan sering kali menimbulkan rasa nyeri yang tentu saja berpengaruh terhadap mood seseorang.

Faktor psikologis

Selain disebabkan oleh hormon dalam tubuh, ternyata mood swings atau perubahan suasana hati secara seketika juga bisa diakibatkan oleh tekanan yang sangat berat saat menjalani aktivitas harian. Mungkin, stres yang B’timers alami sebenarnya merupakan hal yang biasa. Namun karena keadaan tubuh yang tidak terlalu sehat, akhirnya membuat suasana hati menjadi semakin buruk.

Selain marah, gejala lain yang bisa ditimbulkan pada saat PMS adalah sakit kepala, perut kembung, payudara membengkak, sakit perut, dan nyeri pada bagian-bagian tubuh tertentu. Nah, maka dari itu, saat masa menstruasi datang persiapkan beberapa suplemen atau vitamin untuk menunjang kesehatan tubuh, ya! Perbanyak asupan makanan penambah darah serta kudapan yang bisa mempengaruhi mood, seperti halnya kacang-kacangan, beras merah, dan greek yogurt. 

Share This Article