Merasa Berat Melepaskan Seseorang? | Breaktime
Merasa Berat Melepaskan Seseorang? Anda Tak Sendirian
26.10.2015
“Kau pernah bilang tak perlu membedakan, selamat tinggal dan selamat datang, keduanya tersirat dalam lambaian tangan.”—Sapardi Djoko Damono

Bertemu dengan seseorang yang mampu mengalirkan banyak warna baru yang tak terlihat dan mampu menguatkan Anda dalam berbagai kesempatan adalah anugerah terindah. Semuanya membuat B’timers berjanji dalam diam dan keseriusan bahwa Anda tak akan melepaskannya, tidak sedikitpun.

Hingga suatu masa, B’timers sadar, mempertahankannya bukanlah solusi, tapi justru keegoisan diri. Sebab ia pantas mendapatkan sosok yang lebih baik. Sebab, ada banyak hal berat yang akan menimpanya bila ia tetap bersama dengan Anda. Oleh karena itu, Anda pun harus mulai belajar melepaskan dirinya. Sulit? Breaktime bagikan sejumlah tipsnya berikut ini:

Berikan waktu

“Time heals all wounds.” Well, frase ini tak sepenuhnya benar. Sebab, ada luka yang memang terasa sangat berat sekalipun Anda sudah melewatinya bermasa-masa. Namun, perlahan waktu akan bantu mengaburkan kenangan manis yang dulu hampir mustahil tak diingat. Waktu akan membuat perasaan Anda jadi lebih ringan dan mampu melihat segala sesuatu lebih jernih dan logis.

Merasa Berat Melepaskan Seseorang? | Breaktime
Ambilah “me time” untuk perlahan-lahan menyembuhkan luka

 

Temui orang baru

Bertemu dengan orang baru bukan berarti Anda harus menargetkan diri untuk mencintainya secara utuh sama seperti sebelumnya. Namun, Anda bisa mulai perlahan membuka diri dan membiarkan diri mendapatkan sedikit demi sedikit informasi tentang orang lain.

Perlahan, informasi tentang orang tertentu itu akan menghadirkan rasa romantis dan mengisi sedikit ruang di hati. Biarkan rasa ini tumbuh dengan alami sampai suatu hari B’timers akan tersadar bahwa hati Anda ternyata bisa jatuh cinta lagi.

Perjelas keadaan

Suatu masa B’timers mungkin berpikir bahwa mempertahankan seseorang jauh lebih mudah daripada melepaskannya. Terlebih bila memori kebersamaan dan semua hal emosional dengannya menari-nari hebat dalam pikiran.

Mungkin Anda tak akan sanggup melawan rasa rindu ini dengan hal-hal negatif tentang dirinya. Tapi Anda bisa menyelinginya dengan pemikiran teramat logis mengapa Anda harus melepaskannya. It will ease your life a whole lot easier.

Merasa Berat Melepaskan Seseorang? | Breaktime
Inilah saat untuk dilepaskan saja

Lepaskan ia seutuhnya

Adakalanya hubungan lama bisa membaik dan ini bikin menggelitik hati untuk kembali. Tapi, ada juga yang bermakna, berakhir adalah ujung garis semuanya. Ingatlah alasan mengapa Anda dan dirinya harus sama-sama saling ikhlas melepaskan.

Kendalikan emosi Anda dengan menarik napas dalam-dalam dan tegaskan diri mengapa Anda harus tetap menjalani hidup baru saat ini. Yakinkan diri bahwa suatu hari Anda akan menemukan sosok yang jauh lebih baik dan begitu pula sebaliknya. Dengan begitu, B’timers tak akan menyesali keputusan ini.

Dalam hidup ini memang akan ada orang yang kita tak akan pernah berhenti untuk menyayanginya karena mereka adalah bagian dari hidup kita. But, you know... things end, people leave, and you know what? Life goes on. Tersenyumlah pelan-pelan, B’timers. 

Share This Article