Menghadapi Pasangan Emosional, Ini Caranya | Breaktime
Menghadapi Pasangan Emosional, Ini Caranya
04.03.2016
“Holding onto anger is like drinking poison and expecting the other person to die.” – Buddha

Setiap orang tentu memiliki emosi yang ingin diungkapkannya. Sebagian orang memang memiliki kontrol emosi yang sangat baik. Namun, sebagian lainnya lebih memilih untuk meluapkan emosinya. Lantas, bagaimana jika seseorang yang emosional ini adalah pasangan kita? Nah, daripada bingung, intip cara menghadapi pasangan emosional dari Breaktime, yuk!

Coba mengerti

Anda harus mencoba mengerti bahwa rasa emosional merupakan bagian dari diri pasangan. Meskipun seringkali reaksinya membuat Anda tak nyaman, hadapilah dengan pengertian karena Anda mencintainya, baik dan buruknya.

Menghadapi Pasangan Emosional, Ini Caranya | Breaktime
Kasih sayang Anda akan sangat berarti baginya

Peduli

Kadang kala, seseorang menjadi begitu emosional karena ia tak dapat lagi menahan perasaannya yang bercampur aduk dan meluap-luap. Biarkan dia menangis, dan cobalah peduli dengan menjadi seorang yang baik. Kasih sayang dan kepedulian Anda akan sangat berharga baginya.

Beri perhatian

Sebuah “drama” seringkali diawali karena kurangnya perhatian. Oleh karena itu, sebisa mungkin berikan perhatian Anda padanya, pada hal-hal kecil sekalipun. Memberinya perhatian yang cukup bisa membantunya mencegahnya menjadi emosional.

Dengarkan dengan kasih sayang

Ketika sesorang berlaku emosional, mereka hanya ingin didengarkan. Oleh karena itu, untuk menghadapi pasangan emosional jadilah pasangan yang baik baginya. Dengarkan dengan seksama keluh kesahnya, tenangkan dia, dan coba berikan solusi di akhir ceritanya. Kasih sayang yang Anda berikan padanya, dapat menjadi obat penenang terbaik baginya.

Menghadapi Pasangan Emosional, Ini Caranya | Breaktime
Menjalani sebuah hubungan harus bisa saling menghargai

Berpikir positif

Ketika pasangan bersikap emosional, Anda harus bisa tetap berpikir positif. Yakinlah bahwa sikap emosional merupakan sebuah ekspresi kemarahan pasangan terhadap sesuatu yang mengganggunya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk membuatnya tenang kembali.

Saling menghargai

Pasangan Anda mungkin memiliki kekurangan berupa sikap emosionalnya, begitu pula Anda, tentu memiliki kekurangan tertentu. Kini, coba lihat kembali bagaimana pasangan menyikapi kekurangan Anda. Apakah dia dapat menerimanya dan tetap menghargai Anda?

Menjalani sebuah hubungan dan menjadi sepasang kekasih, haruslah saling menyayangi, memberi empati, kepekaan mengamati pasangan, serta memperlakukannya dengan kelembutan. Oleh karena itu, cobalah terima kekurangan pasangan Anda dan tetap menghargainya sebagai bagian dari hidup Anda.

Satu-satunya cara menghadapi pasangan emosional adalah dengan mengerti apa yang sebenarnya terjadi dan mengatasinya dengan rasa kepedulian dan kasih sayang Anda pada pasangan, B’timers. (dfr)

Share This Article