Mencuci Miss V dengan Cairan Pembersih, Amankah? | Breaktime
Mencuci Miss V dengan Cairan Pembersih, Amankah?
23.10.2016

B’Timers, apakah Anda termasuk orang yang sering menggunakan cairan pembersih vagina? Cairan pembersih vagina bertujuan, atau paling tidak, diklaim bertujuan untuk membersihkan vagina dan mencegah vagina yang berbau. Sebagai wanita, memang sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk menjaga kebersihan vagina agar tidak mengakibatkan bau vagina yang tidak sedap maupun mencegah tumbuhnya bakteri. Akan tetapi, ternyata menurut penelitian mencuci miss V dengan cairan pembersih berisiko kanker. Bagaimana bisa?

Baca juga : SEHATKAH VAGINA ANDA? KENALI 5 TANDA BERIKUT

Sebuah riset penelitian yang dilakukan oleh dokter kelamin (gynelocogist) dan American College of Obstetricians dan Gynecologists menyatakan bahwa mencuci miss V dengan cairan pembersih berisiko kanker yang dibuktikan dengan jumlah penderita kanker rahim ternyata melakukan praktik pembersihan vagina dengan menggunakan cairan pembersih (douching). 

Mencuci Miss V dengan Cairan Pembersih, Amankah? | Breaktime
Berhati-hatilah dalam merawat vagina Anda.

Mengapa mencuci miss V dengan cairan pembersih berbahaya dan dapat memicu kanker? Hal tersebut diakibatkan karena cairan tersebut membunuh bakteri-bakteri baik yang terdapat di vagina dan mengganggu keseimbangan Ph di vagina. Ketidakseimbangan Ph yang diakibatkan oleh cairan pembersih tersebut memicu muncul dan berkembangnya bakteri-bakteri jahat di leher vagina. Bakteri-bakteri jahat tersebut kemudian akan berubah menjadi infeksi ragi dan akan menyebar ke dalam rahim, saluran tuba fallopi, dan ovarium dan mengakibatkan kanker rahim. Hal tersebut ditegaskan oleh Departemen Kesehatan Amerika Serikat.

Oleh karena itu, apabila Anda sering mencuci miss V dengan cairan pembersih, sudah saatnya Anda berhenti. Vagina Anda memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kelembapannya sendiri. Dan hal yang perlu B’timers lakukan adalah mencuci bagian luar dari vagina Anda dengan air bersih, mengenakan pakaian dalam yang kering dan bersih, dan menjaga agar vagina Anda tidak menjadi terlalu lembab untuk mencegah timbulnya bakteri. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE