Memanfaatkan Aplikasi Kencan Boleh Sih, Asal . . . | Breaktime
Memanfaatkan Aplikasi Kencan Boleh Sih, Asal . . .
25.09.2015

Di era teknologi modern yang semakin maju, aplikasi kencan semakin banyak bermuculan. Mulai dari HOOTT, Date-me, Zoosk, Tinder, hingga OkCupid. Aplikasi kencan online tersebut, bisa digunakan untuk menemukan belahan hati dengan bekal smartphone dan koneksi internet.

Sayangnya, penggunaan aplikasi kencan online ini juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya penyakit menular seksual (PMS). Hal ini dilaporkan oleh Digital Spy yang mengawasi lonjakan infeksi penyakit menular seksual di Rhode Island, Amerika Serikat. Departemen kesehatan setempat juga menyebutkan bahwa aplikasi kencan online tersebut banyak digunakan untuk bertemu pasangan seks dan kencan singkat semalam.

Dari data tersebut diperoleh peningkatan kasus sipilis (raja singa) yang mencapai 79%, infeksi gomorrhea meningkat 33%, dan HIV naik 33%. Bukan angka yang sedikit tentu saja. Untuk itu, Anda harus bijaksana dalam menggunakan aplikasi kencan online.

Menarik bukan berarti vulgar
Menarik bukan berarti vulgar

Jangan mengumbar informasi pribadi

Menyebutkan nama, umur dan pekerjaan tentu adalah hal yang wajar untuk menarik lawan jenis. Tapi ingat, jangan terlalu mengumbar informasi pribadi Anda, seperti alamat rumah, email, dan nomor telepon. Informasi tersebut rentan disalah gunakan oleh oknum tak bertanggung jawab yang berkeliaran di internet. Memberikan id Line atau pin BBM masih wajar, karena Anda dapat memilih siapa saja yang Anda ijinkan berteman dengan Anda.

Selain informasi yang terkait biodata, perhatikan pula foto yang Anda unggah ke aplikasi kencan tersebut. Unggah foto yang menarik, tapi tidak vulgar, agar foto Anda tidak dipersalah gunakan.

Teliti

Tidak semua orang di aplikasi kencan menuliskan dengan jujur informasi pribadi mereka. Beberapa oknum sering menggunakan biodata diri orang lain untuk menarik lawan jenis dengan tujuan melakukan penipuan ataupun pelecehan seksual. Jadi, teliti dengan siapa Anda berhubungan di aplikasi kencan

Jika merasa ada yang tidak beres dan aneh, Anda bisa menghindari orang tersebut atau memblokirnya jika terlanjur terhubung.

Perhatikan arah pembicaraan

Ketika menemukan teman kencan yang cocok, Anda biasanya akan memulai obrolan dengannya. Ini bisa menjadi saat yang tepat untuk mengenalnya lebih jauh. Membicarakan selera dan kegemaran masing-masing adalah hal wajar. Tapi, ketika pembicaraan mengarah ke hal-hal yang Anda anggap tak wajar. Anda berhak untuk menghentikan pembicaraan.

Bertemu di tempat umum adalah yang terbaik
Bertemu di tempat umum adalah yang terbaik

Bertemu di tempat umum

Jika telah cocok di obrolan, biasanya pasangan kencan akan bertemu. Atur pertemuan pertama di tempat umum yang Anda kenali. Hindari bertemu di rumah Anda ataupun teman kencan Anda. Pertemuan dirumah bisa saja membahayakan Anda dan mengarah pada kriminalitas. Anda bisa mengajaknya ke rumah jika telah bertemu beberapa kali dan merasa dia bisa dipercaya.

Lindungi diri

B’timers, terutama kaum wanita, tak sedikit laki-laki yang menjadi anggota aplikasi kencan memiliki niat buruk terhadap wanita. Tak jarang pula, pria yang telah menikah juga mencari kesenangan melalui aplikasi kencan tersebut. Jadi pastikan diri Anda aman terlebih dahulu sebelum memulai percakapan atau bertemu dengan teman kencan Anda.

Share This Article