Manfaat Sekaligus Ragam Senam Ibu Hamil 9 Bulan | Breaktime
Manfaat Sekaligus Ragam Senam Ibu Hamil 9 Bulan
02.04.2017

B’Timers peristiwa kehamilan dan proses persalinan adalah dua peristiwa yang paling dinanti-nantikan oleh setiap wanita yang telah lama menanti kehadiran buah hati. Dan yang pasti Anda akan merasakan luapan kebahagiaan ketika dokter kandungan Anda menyatakan bahwa Anda positif mengandung. Dan setelah suka duka yang Anda lalui selama masa kehamlian, tibalah Anda pada usia kehamilan terakhir, yaitu bulan ke-9. Nah, di masa kehamilan akhir ini juga Anda akan sering mendengar tentang senam ibu hamil 9 bulan.

Baca juga: TIPS AGAR CEPAT HAMIL? JANGAN PERCAYA MITOS INI!

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, kunci lain dari kelancaran persalinan, terutama jika Anda berniat untuk melahirkan secara normal adalah dengan melakukan senam ibu hamil 9 bulan. Senam ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian senam yang memang didesain khusus untuk ibu hamil. Senam hamil ini nampaknya telah banyak membantu ibu-ibu hamil dalam mempersiapkan diri untuk menyambut kelahiran si kecil. Selain itu, senam hamil ini juga dapat membantu untuk mengarahkan bayi untuk memposisikan tubuhnya dengan benar dan secara otomatis mencegah persalinan caesar akibat letak bayi yang sungsang.

Baca juga: IBU HAMIL, INILAH SENAM HAMIL 7 BULAN UNTUK ANDA

Nah, setelah mengetahui berbagai macam manfaat dari senam ibu hamil di bulan ke-9, pastinya Anda pun penasaran dengan gerakan-gerakan dari senam ini, bukan? Pertama-tama, berdirilah dengan posisi tegak dan secara perlahan turunkan badan Anda hingga mencapai posisi jongkok. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali secara rutin. Gerakan sederhana tersebut berfungsi untuk membantu otot-otot paha dan panggul menjadi lebih terlatih dan kuat. Untuk menjalani persalinan normal yang cepat dan lancar, daya dorong dari kedua otot tersebut sangat diperlukan. So in other words, semakin kuat otot pinggul dan paha Anda, maka Anda dapat melahirkan bayi dengan lebih cepat. 

Manfaat Sekaligus Ragam Senam Ibu Hamil 9 Bulan | Breaktime
Lakukan senam ibu hamil 9 bulan, yuk!

Gerakan senam hamil 9 bulan yang lain adalah dengan olahraga melatih pernapasan. Pertama-tama duduklah bersila dengan nyaman di atas matras. Setelah itu letakkan kedua tangan Anda di atas paha. Pejamkan mata dan buat pikiran Anda rileks sembari menghirup dan menghela napas dengan ritme yang perlahan namun teratur. Olahraga ini akan membantu Anda mengatur pernapasan yang akan sangat berguna nantinya ketika hari persalinan tiba.

Di saat hari persalinan tiba, Anda pasti akan didera dengan rasa sakit yang amat sangat, dan seringkali hal tersebut membuat Anda bernapas terlalu cepat. Bernapas dengan tempo yang terlalu cepat selama proses persalinan dapat menguras energi Anda dengan cepat sehingga mengakibatkan Anda kehabisan energi sebelum bayi keluar sepenuhnya. Sebaliknya, dengan bernapas lebih teratur selama proses melahirkan, Anda akan dapat menyimpan lebih banyak energi untuk mendorong bayi keluar.

Baca juga: MOMS TO BE? INTIP GERAKAN SENAM HAMIL WAJIB INI!

Gerakan senam untuk ibu hamil di usia kehamilan 9 bulan yang lain dilakukan dengan posisi merangkak. Posisikan lutut dalam keadaan tegak, kepala dalam keadaan menyentuh lantai dengan posisi tangan terlentang. Tolehkan kepala Anda ke kanan dan kiri dengan tetap berada pada posisi ini. Lakukan selama beberapa menit, atau sesuaikan dengan kemampuan Anda.

Gerakan senam untuk ibu hamil yang terakhir dapat Anda lakukan dalam keadaan berbaring, baik dalam posisi terlentang maupun miring. Angkat kaki Anda dan peluk lutut dengan kedua tangan Anda. Tahan selama beberapa menit, dan ulangi kembali gerakan ini selama beberapa kali. Gerakan ini tergolong sangat santai dan tidak membutuhkan terlalu banyak effort. Anda dapat melakukannya saat Anda bersiap-siap akan tidur di malam hari.

Bagaimana, Moms? Tertarik untuk mencoba gerakan-gerakan senam ibu hamil 9 bulan di atas?



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE