Pernah Berharap
“Aku Ingin Mati Rasa”: Pernah Berharap Seperti Ini, B’timers?
03.12.2015
It’s better to feel pain than nothing at all – The Lumineers

Lirik lagu tersebut memang benar adanya. Lebih baik bisa merasakan luka, daripada hidup dalam kehampaan dan membuat Anda seolah tak berharga. Tapi tak bisa dipungkiri, kadang lelah rasanya terus merasakan luka terlebih lagi jika hal tersebut disebabkan oleh orang lain. Padahal seharusnya, B’timers bisa merasakan lebih banyak cinta dan kebahagiaan dari orang-orang tersayang, bukan sebaliknya.

Kalau sudah ada dalam posisi seperti ini, sesekali perlu menjadi seseorang yang acuh. ‘Bunuh’ perasaan Anda dan jangan mudah terpengaruh oleh kondisi sekitar. Memang tak mudah, namun cara-cara berikut ini akan bisa membantu Anda:

Jangan terlalu banyak memikirkan orang lain

Difficult, but worth it. Memang tak mudah mengenyahkan orang-orang terdekat dari pikiran. Tapi sekali bisa melakukannya, hidup Anda akan terasa lebih mudah. Jangan berlarut-larut menenggelamkan diri dalam kenangan bersama orang lain. Jangan biarkan kehidupan orang lain mempengaruhi kebahagiaan Anda.

Pernah Berharap
Jangan habiskan waktu untuk terlalu memikirkan orang lain

Boleh perhatian, tapi jangan libatkan perasaan

Memberikan perhatian pada orang-orang terdekat memang menyenangkan. Tapi bagaimana kalau ternyata mereka tak menyadarinya atau bahkan melakukan hal yang bisa menyakiti Anda? Satu-satunya cara untuk terbebas dari hal ini adalah dengan belajar memberikan perhatian sewajarnya, sesuai kebutuhan. Dan jangan libatkan perasaan apapun, apalagi berharap mereka akan membalas perhatian Anda.

Belajar berkata tidak

Mengatakan tidak merupakan hal yang sulit, terutama pada orang yang Anda sayang. Namun tak ada salahnya berkata tidak atau membiarkan seseorang tahu jika Anda tak setuju dan tak menyukai sikapnya. Berhentilah berpikir bahwa mengucapkan kata tidak akan menyakitinya. Dan jangan pernah korbankan senyum Anda untuk meyakinkan orang lain bahwa Anda baik-baik saja atas perlakuan buruknya.

Pahamilah B’timers, memiliki sikap yang dingin dan acuh bukan berarti Anda menjadi orang jahat. Hal tersebut hanyalah salah satu cara untuk melindungi diri sendiri dari luka yang bisa saja ditimbulkan oleh orang-orang di sekitar Anda. Ingat, kebahagiaan Anda tidak ditentukan oleh ucapan maupun perbuatan orang lain. Don’t let someone dim your light!

Share This Article