Langkah Memelihara Kesuburan Pria a la Breaktime | Breaktime
Langkah Mudah Memelihara Kesuburan Pria a la Breaktime
25.01.2016

Kesuburan pria merupakan hal penting dalam proses reproduksi. Oleh karena itu, memelihara kesuburan pria haruslah diperhatikan dengan cermat. Lantas hal apa saja yang harus dilakukan? Berikut jawabannya.

Menjaga suhu testis

Suhu testis, sangat berpengaruh terhadap produksi sperma yang sehat. Bahkan, peningkatan suhu 1 derajat saja dapat menghambat produksi sperma. Untuk itu, sebaiknya pertahankan suhu testis berada pada suhu 3-5 derajat Celcius.

Sebuah penelitian oleh University of Milan, menemukan bahwa pria yang menggunakan celana longgar, dua kali lebih subur dibanding pria yang mengenakan celana ketat. Oleh karena itu, sebaiknya hanya gunakan boxer ketika dirumah, lebih sering mandi, serta jauhkan laptop dari pangkuan Anda karena dapat meningkatkan suhu skrotum hingga 3 derajat Celcius.

Langkah Memelihara Kesuburan Pria a la Breaktime | Breaktime
Untuk menjaga kesuburan, hindari memangku laptop Anda

Konsumsi vitamin dan suplemen

Zinc memiliki peranan penting dalam produksi sperma, untuk itu biasakan mengonsumsi 15 miligram per hari untuk memperbaiki kerusakan dan memelihara kesuburan Anda. Tiram, domba, sapi, hati, kacang-kacangan dan biji labu bisa menjadi pilihan Anda.

Selain zinc, vitamin C juga berpengaruh dalam memelihara kesuburan pria. Anda bisa mencukupi asupan vitamin C melalui suplemen ataupun 4 gelas jus jeruk dalam sehari. Vitamin C berfungsi dengan baik menurunkan sperma cacat dari 20 persen menjadi hanya 11 persen.

Cukup tidur

Tidur berkualitas juga sangat baik untuk menjaga kualitas sperma Anda. Penelitian di University of Shouthern Denmark yang melibatkan 953 pria di awal 20-an, melaporkan bahwa pria yang mengalami gangguan atau kurang tidur memiliki jumlah sperma dan kadar testosterone rendah. Bahkan, ukuran testis mereka pun lebih kecil dibandingkan pria yang tidur dengan cukup tanpa gangguan.

Langkah Memelihara Kesuburan Pria a la Breaktime | Breaktime
Cukup tidur akan membantu Anda menjaga kesuburan

Menghindari rokok dan alkohol

Tak sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa rokok dapat merusak membrane sperma dan menyebabkan sperma cacat sehingga kesulitan mencapai sel telur. Selain itu, rokok juga dapat mempengaruhi DNA yang dibawa sperma dan menyebabkab bayi terlahir cacat.

Sementara itu, minum alkohol dapat menurunkan kadar testosteron dalam tubuh hingga 20 persen. Bahkan kandungan estrogen tanaman di dalam minuman beralkohol dapat meniru hormon perempuan sekaligus memicu terjadinya infertilitas pada pria.

Pilih makanan organik

Pestisida yang disemprotkan pada tanaman, memiliki pengaruh menurunkan tingkat kesuburan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa hanya satu semprotan pestisida dapat menghentikan produksi testosterone selama lebih dari 17 jam. Oleh karena itu, sebaiknya cuci bersih sayur atau buah yang Anda konsumsi. Namun, cara paling aman adalah dengan mengonsumsi makanan organik.

Selain cara-cara diatas, memelihara kesuburan pria dapat dilakukan dengan cara rutin berolahraga dan sering melakukan hubungan seksual. (dfr)

Share This Article