Kista Bisa Muncul Karena Minum Es Saat Haid, Mitos atau Fakta? | Breaktime
Kista Bisa Muncul Karena Minum Es Saat Haid, Mitos atau Fakta?
25.05.2015

Mitos Minum Es Saat Haid

Pastinya Anda sangat familiar dengan pantangan meminum es pada saat sedang menstruasi ya B’timers. Banyak orang bilang bahwa minum es saat menstruasi sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kista. Benarkah demikian?

Menstruasi sendiri adalah siklus bulanan seorang wanita yang disebabkan oleh luruhnya dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan. Jika dikaitkan antara minum es dan proses menstruasi yang dapat menyebabkan kista, maka sebenarnya hal ini tidaklah sepenuhnya berdasar dan ada sangkut-pautnya.

(Baca juga: Rahasia Di Balik Cokelat Dan Penyakit Stroke!)

Nyeri pada beberapa bagian tubuh merupakan hal yang wajar saat haid
Nyeri pada beberapa bagian tubuh merupakan hal yang wajar saat haid

Ketakutan kaum Hawa tersebut makin menjadi ketika usai minum es saat haid, perut menjadi nyeri. Padahal nyeri, sakit, atau pegal-pegal pada beberapa bagian tubuh tersebut dipengaruhi oleh hormon eterogen dan juga faktor psikologis lainnya. 

Hal ini juga dikuatkan dengan pernyataan dr. Prima Progestian, SpOG, CH, CHt, seorang dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. dr Prima menyatakan bahwa tidak ada sangkut pautnya antara kista dengan meminum es sewaktu menstruasi.

Air es tidak akan menghambat keluarnya darah kotor pada saat menstruasi. Air es hanya akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh saja. Seperti halnya radang tenggorokan, flu, dan juga masuk angin. 

Hal ini sama halnya dengan mitos yang mengatakan bahwa meminum soda dapat memperlancar menstruasi. Meminum soda saat menstruasi tidak memiliki pengaruh apapun terhadap kelancaran atau tersendatnya darah yang keluar. Meminum air soda akan memberikan efek yang menyegarkan pada peminumnya.

Nah, sudahkah semua ini menjawab kebingungan B’timers untuk minum es saat haid?

Share This Article