Kenapa Permintaan Maaf Anda Susah Diterima | Breaktime
Ketahui Alasan Kenapa Permintaan Maaf Anda Susah Diterima
24.12.2015

Ketika ego masih kecil, setiap orang tua pasti mengajarkan kepada para buah hatinya untuk belajar meminta maaf. Namun saat usia sudah beranjak remaja atau dewasa, ada kalanya mengalahkan segalanya dan membuat seseorang susah untuk dapat menerima permintaan maaf.

Pertengkaran atau ketidakcocokan adalah suatu hal yang wajar terjadi dalam sebuah hubungan. Untuk mengakhiri rasa tidak enak itu, maka jalan satu-satunya adalah dengan meminta maaf atau memaafkan. Lantas bagaimana cara paling efektif agar permintaan maaf B’timers dapat diterima?

Untuk mengetahui jawabannya, mungkin ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui apa penyebab permintaan maaf Anda itu tidak diterima.

Kesalahan dilakukan berulang-ulang

Kenapa Permintaan Maaf Anda Susah Diterima | Breaktime
Tentunya tidak ada seorang pun yang ingin mengalami satu hal tidak enak berulang-ulang, apalagi bukan disebabkan oleh dirinya sendiri

Kenapa seseorang malas untuk menerima permintaan maaf? Hal itu disebabkan karena kesalahan yang diperbuat selalu diulang-ulang walaupun sudah pernah meminta maaf. Tentu saja, bagi seseorang yang memberikan maaf akan merasa bahwa permintaan maaf yang dilontarkan hanyalah basa-basi belaka dan terkesan useless.

Oleh karenanya, ubah dulu attitude Anda dan yakinkan diri sendiri untuk tidak mengulangi perbuatan atau kesalahan yang sama. Kredibilitas dan kualitas Anda dapat ditentukan dari berbagai macam cara, salah satunya adalah konsekuen untuk tidak melakukan kesalahan yang sama secara berulang-ulang.

Permintaan maaf tidak sesuai dengan apa yang telah Anda lakukan

Kenapa Permintaan Maaf Anda Susah Diterima | Breaktime
Semua hal harus seimbang, jika kesalahan yang diakibatkan sangat fatal, maka konsekuensinya juga harus sepadan

Ketika Anda melakukan suatu kesalahan yang benar-benar fatal, ada orang yang dengan mudah akan menerima permintaan maaf yang diutarakan, namun tidak sedikit pula yang akan menolaknya karena intensitas aksi atau kesalahan yang diperbuat sangatlah besar dan tidak cukup hanya ditebus dengan hanya permintaan maaf saja.

Oleh karenanya, selain meminta maaf, B’timers juga masih wajib untuk fixing all of mistakes and make it done. Tidak hanya itu saja, dengan tingkat kesalahan yang Anda lakukan, maka body language, posture, pemilihan kata sampai dengan keras tidaknya suara yang Anda keluarkan juga sangat berpengaruh.

Masih ada upaya untuk membela diri

Kenapa Permintaan Maaf Anda Susah Diterima | Breaktime
Walaupun Anda memiliki ego yang tinggi, tapi ada kalanya untuk menurunkan hal tersebut agar permintaan Anda dapat diterima

Setiap orang memiliki karakter berbeda-beda dan ada tipe-tipe orang yang akan tetap bandel untuk mempertahankan atau membela diri walaupun dia salah dan harus meminta maaf. Ketika meminta maaf pun, rasa tidak ikhlas dan sisi pembelaan diripun masih ikut bersamanya.

Untuk itu, agar semuanya dapat terselesaikan dengan baik, maka hilangkan ego dan benar-benar mintalah maaf dengan tulus. Akui semua kesalahan yang Anda perbuat agar maaf yang Anda minta juga ikhlas diberikan.

Terlalu lama

Kenapa Permintaan Maaf Anda Susah Diterima | Breaktime
Makanan saja jika dibiarkan akan menjadi basi, apalagi perasaan, betul gak?

Ketika Anda sudah dikendalikan ego, maka rasa bersalah dan keinginan meminta maaf juga akan perlahan memudar. Oleh karenanya, ketika pada akhirnya B’timers meminta maaf, orang yang bersangkutan akan susah untuk memberikannya, karena dirasa too late.

Jangan terlalu lama untuk mengambil sikap ketika Anda dalam posisi bersalah. Segeralah untuk meminta maaf kepada yang bersangkutan dan mintalah dengan tulus, serta akui kesalahan Anda.

Dengan mengetahui apa saja sih yang membuat permintaan maaf Anda tidak diterima, maka B’timers dapat mulai mengubah attitude dan segala tingkat laku setelah maaf diberikan. [DAS]

Share This Article