Jatuh Cinta Bikin Jantung Makin Sehat! Kok Bisa? | Breaktime
Jatuh Cinta Bikin Jantung Makin Sehat! Kok Bisa?
07.05.2015

Seperti lirik lagu “jatuh cinta berjuta rasanya”, nampaknya memang itulah yang dirasakan oleh orang yang sedang jatuh cinta. Seakan apapun yang dilihat jadi indah, semua yang dilakukan terasa benar, rasanya hati jadi berbunga-bunga, dan jantung makin mudah berdegup kencang tak karuan. Namun tahukah B’timers, ternyata selain menyenangkan hati, jatuh cinta juga menyehatkan jantung, lho.

Saat jatuh cinta, organ-organ tubuh termasuk jantung ikut terstimulasi dan bekerja dengan lebih baik. Itulah yang membuat Anda jadi lebih sehat. Nah, bagaimana kita bisa tahu kalau jatuh cinta bikin jantung jadi lebih sehat? Ini tanda-tandanya!

Berdebar-debar: berarti jantung berolahraga

Saat bertatapan mata dengan orang yang kita suka, entah itu gebetan atau memang pasangan, tentu jantung akan berdegup lebih kencang. Pada saat inilah otak melepaskan hormon seperti dopamin, adrenalin, dan norepinefrin yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan lebih kuat. Hasilnya, jantung akan memompa darah lebih cepat, dan ini serupa dengan latihan aerobik.

Sikap positif: dapat mengurangi resiko serangan jantung

Saat jatuh cinta ada begitu banyak efek positif yang kita rasakan, seperti bahagia, bersemangat, antusias dan juga puas. Semua itu karena kita termotivasi oleh seseorang yang istimewa. Segala sikap positif ini dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Tak hanya itu, bahkan seseorang bisa mengurangi kebiasaan merokoknya saat merasakan hal-hal positif ini.

Menulis buku harian tentang pengalaman jatuh cinta bantu menurunkan kolesterol dan sehatkan jantung
Menulis buku harian tentang pengalaman jatuh cinta bantu menurunkan kolesterol dan sehatkan jantung

Curhat dengan menulis: dapat menurunkan kolesterol 

Jatuh cinta memang hanya bisa dirasakan dan tak tampak wujudnya, namun menceritakan atau menuliskan perasaan tersebut punya efek yang sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi jantung. Sebab, dengan curhat lewat tulisan, tingkat kolesterol bisa menurun sampai 11 mg/dL. Hal tersebut disebutkan dalam penelitian yang dirilis di Human Communication Research.

Hmm, rasanya sulit ya melihat hal negatif dari jatuh cinta. Tak cuma pada pasangan saja lho, perasaan cinta juga harus ditanamkan pada pekerjaan Anda. Dengan hati yang tulus, bekerja terasa seperti melakukan hal yang menyenangkan.

Share This Article