Yuk, Segera Bekali Anak Pendidikan Seks Sekarang Juga | Breaktime
Jangan Ulur Waktu, Ajarkan Anak tentang Seks Sejak Dini
17.08.2015

Tak bisa dipungkiri, semakin pesatnya perkembangan teknologi semakin besar pula dampak negatif yang bisa terjadi, terutama untuk anak-anak . Banyak konten-konten negatif berhubungan dengan pornografi yang bisa dengan mudah diakses oleh anak di bawah umur. Nah, inilah pentingnya B’timers memberikan pendidikan seks sejak dini.

Tentu saja bukan dengan tujuan agar anak-anak ingin melakukannya, namun lebih kepada pengenalan organ intim dan juga fungsinya, seperti yang diungkapkan oleh dr. Warih A Puspitosari, M.Sc, Sp.K.J salah satu staf dokter di Rumah Sakit Permata Bekasi.

Nah, untuk B’timers yang masih bingung bagaimana cara memberikan pendidikan seks pada anak, coba simak informasi berikut ini:

Usia 3-5 tahun

Dalam rentang umur ini, yang perlu untuk Anda ajarkan kepada buah hati adalah mengenai organ seksual yang dimilikinya. Anda tidak perlu waktu khusus untuk melakukan hal ini, ajarkan saja ketika si anak sedang mandi. Ajarkan juga untuk menjaga alat kelaminnya secara baik-baik. Beritahu buah hati, bahwa organ-organ seksual tersebut tidak boleh ditunjukkan dan tidak boleh disentuh oleh orang lain.

Usia 6-9 tahun

Ajarkan anak untuk bisa membedakan kasih sayang dan pelecehan seksual
Ajarkan anak untuk bisa membedakan kasih sayang dan pelecehan seksual

Diusia ini, anak-anak sudah bisa diajarkan untuk membedakan mana yang merupakan kasih sayang dan pelecehan seksual. Ajarkan anak untuk melindungi dirinya sendiri dari bahaya yang mengancam. Beritahukan pada buah hati untuk menolak membuka baju meski ada imbalan yang ditawarkan. Selain itu, ajarkan anak untuk menolak dengan tegas jika ada yang ingin meraba alat kelaminnya. Jika ada yang mengancam atau mengintimidasi, ajarkan buah hati untuk berteriak dan meminta bantuan kepada orang sekitar.

Baca Juga : DAMPAK NEGATIF KEKERASAN DALAM POLA DIDIK UNTUK ANAK

Usia 9-12 tahun

Pada usia ini, anak-anak sedang memasuki masa pertumbuhan yang sangat pesat. Banyak yang akan berubah pada tubuhnya. Maka dari itu, berikan pengertian dan pelajaran secara mendetail mengenai perubahan tubuh yang akan terjadi di usia saat ini. Berikan juga pengarahan bahwa setiap individu memiliki perbedaan masa tumbuh kembang. Jelasakan juga tentang masa puber dan cara menjaga kesehatan alat kelamin.

Usia 12-14 tahun

Ketika memasuki usia 12-14, ajarkan dampak pergaulan bebas pada anak
Ketika memasuki usia 12-14, ajarkan dampak pergaulan bebas pada anak

Pada usia ini, ajarkan anak tentang dampak melakukan seks bebas, penyakit-penyakit yang ditimbulkannya, dan juga akibatnya untuk jangka panjang. Berikan pengarahan mengenai perbedaan budaya Barat dan budaya Timur supaya ia tidak serta-merta meniru apa yang ditontonnya dalam film.

Anda mungkin merasa risih jika harus membahas seks dengan buah hati. Tapi ingat B’timers, ini demi kebaikan mereka di masa mendatang.

Share This Article