Ingin Menikah Lagi? Lakukan Dulu 5 Hal Ini! | Breaktime
Ingin Menikah Lagi? Lakukan Dulu 5 Hal Ini!
01.03.2016

Kegagalan dalam pernikahan bisa jadi meninggalkan luka yang mendalam, B’timers. Banyak juga yang mengalami rasa trauma menjalin ikatan pernikahan seperti dahulu. Namun, tidak sedikit juga yang bisa move on dan siap mengarungi biduk rumah tangga dengan pasangan baru. Meski demikian, Anda tidak boleh buru-buru dalam mengambil keputusan yang tidak mudah ketika ingin menikah lagi. Sebaiknya Anda mengetahui dulu 5 hal penting berikut ini.

Tunggu 2-3 tahun

Sebelum memutuskan untuk berkencan atau menikah lagi, sebaiknya Anda menunggu 2 hingga 3 tahun lagi setelah perceraian atau meninggalnya pasangan Anda. Anda harus memberi waktu pada diri sendiri untuk benar-benar sembuh dari duka. Jika Anda punya anak, biarkan juga mereka untuk benar-benar bisa menerima perpisahan. Ingat, Anda juga harus peduli pada perasaan orang tua Anda dan mantan pasangan.

Lakukan pendekatan minimal 2 tahun

Berkencan selama 2 tahun akan cukup untuk benar-benar mengenal satu sama lain. Anda harus benar-benar yakin orang tersebut cocok untuk menjalani hidup kedua dengan Anda. Jangan sampai Anda dan anak menjadi korban karena ketidak hati-hatian Anda. Oh, ya! Anda juga harus lebih dekat dengan anak calon pasangan jika B’timers serius ingin menikah lagi.

Ingin Menikah Lagi? Lakukan Dulu 5 Hal Ini! | Breaktime
Dekatlah dengan anak calon pasangan Anda

Kenali bagaimana cara memasak calon keluarga baru

Jika Anda wanita, ini juga hal penting yang harus Anda lakukan. Jangan memukul rata bahwa calon keluarga baru Anda akan sama seleranya dengan keluarga mantan pasangan Anda. Kenali bagaimana cara mereka memasak agar Anda diterima dengan  hati dan tangan terbuka.

Pikirkan tentang anak-anak

Anak-anak adalah yang paling merasakan kerugian saat bergabung dengan keluarga tiri. Meski banyak keluarga tiri yang berlaku adil, namun Anda harus memikirkan anak-anak Anda dan anak-anak pasangan tentu saja. Anak-anak selalu berimajinasi bahwa ayah ibu kandungnya pasti bisa bersatu lagi atau almarhum orang tuanya selalu memiliki tempat istimewa di rumah. Jadi, seriuslah dan pekalah dalam memikirkan anak Anda dan anak tiri Anda.

Ingin Menikah Lagi? Lakukan Dulu 5 Hal Ini! | Breaktime
Anak-anak memiliki imajinasi bahwa ayah ibunya masih bisa rujuk

Bulan madu pernikahan kedua ada di akhir perjalanan, bukan awal

Yang terpenting, Anda harus menyadari bahwa bulan madu atau masa-masa manis keluarga yang menikah lagi ada di akhir perjanalan, bukan awal. Anda dan pasangan harus benar-benar “mengawinkan” keluarga Anda dengan keluarga tiri. Jadi, ini akan menjadi beban yang cukup berat bagi psikologis Anda dan pasangan. Namun, saat semuanya sudah berjalan dengan baik, Anda akan merasakan manis dan indahnya.

Jadi, semoga hal-hal di atas membantu Anda untuk mengambil keputusan tegas dan berhati-hati ketika ingin menikah lagi ya, B’timers! (nap)

Share This Article