Ibu Hamil, Inilah Senam Hamil 7 Bulan untuk Anda | Breaktime
Ibu Hamil, Inilah Senam Hamil 7 Bulan untuk Anda
20.03.2017

Seperti yang telah disepakati oleh para ahli kesehatan, bahwa setiap wanita hamil sangat wajib untuk menjaga kebugaran tubuhnya, B’timers. Dengan menjaga tubuh tetap aktif, Anda akan terhindar dari rasa sakit atau nyeri di beberapa bagian tubuh, menambah energy dan juga bisa meningkatkan mood sebelum hingga sesudah melahirkan.

Nah, yang perlu Anda ketahui adalah, untuh menjaga agar tubuh tetap fit selama masa kehamilan tak membutuhkan peralatan yang mewah dan kartu anggota di kelas gym yang mahal, lho, B’timers. Anda dapat tetap melakukan latihan sederhana di rumah dan tetap mendapatkan manfaat positif untuk diri serta calon bayi Anda.

Dipastikan aman, di bawah ini adalah beberapa gerakan senam hamil 7 bulan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menjaga kebugaran, B’timers!

Baca juga : MOMS TO BE? INTIP GERAKAN SENAM HAMIL WAJIB INI!

Begitu memasuki bulan ketujuh dari masa kehamilan, jangan pernah meninggalkan aktivitas fisik rutin, ya, B’timers. Karena menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 yang lalu disebutkan bahwa, hanya sekitar 11 % wanita hamil saja yang tetap melakukan latihan fisiknya setelah memasuki trimester ketiga. Padahal seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, latihan fisik sangat penting.

Ibu Hamil, Inilah Senam Hamil 7 Bulan untuk Anda | Breaktime
Lakukan gerakan senam kehamilan bersama teman-teman, ya

Apabila Anda tetap ingin menjaga kesehatan fisik dan juga mental selama masa kehamilan, disarankan untuk tetap aktif selama masa kehamilan, B’timers. Bahkan meskipun sudah memasuki bulan ketujuh, tidak masalah untuk tetap menjalankan olahraga, kok. Namun sebelum memilih salah satu jenis dari latihan fisik yang akan Anda jalankan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Baca juga : APAKAH NORMAL WANITA YANG HAMIL TAPI MASIH HAID?

Untuk wanita yang memiliki risiko terhadap tekanan darah tinggi ataupun persalinan prematur, biasanya dokter kandungan akan menyarankan untuk melakukan latihan fisik yang tergolong ringan. Anda dapat melakukan jalan santai. Namun ada juga dokter yang akan menyarankan pasiennya untuk menghentikan aktivitas fisik yang terlalu berat selama masa kehamilan.

Ibu Hamil, Inilah Senam Hamil 7 Bulan untuk Anda | Breaktime
Olahraga bersama buah hati tertua bisa semakin seru, lho, B’timers

Tidak hanya gerakan senam hamil 7 bulan yang wajib Anda perhatikan, lho, B’timers. Penting juga untuk meluangkan waktu meregangkan tubuh setiap sebelum melakukan latihan fisik. Ini penting karena dapat menjaga fleksibilitas tubuh selama masa kehamilan. Nah, setelah masuk bulan ketujuh, mungkin bakalan semakin sulit untuk menyeimbangkan tubuh. So, pastikan Anda memiliki benda kokoh untuk tumpuan.

Baca juga : LADIES! INILAH CARA BERSETUBUH AGAR CEPAT HAMIL!

American Pregnancy Assosiation mengungkapkan jika wanita hamil dapat tetap melanjutkan latihan fisik mereka selama masa kehamilan jika memiliki denyut jantung tetap kurang dari 140 denyut setiap menit. Usahakan untuk tidak memaksakan diri Anda dalam berolahraga pada masa kehamilan. 30 menit latihan kardio setiap hari terbukti aman. Anda bisa berlatih renang, jalan santai, senam aerobic atau menari.

Ibu Hamil, Inilah Senam Hamil 7 Bulan untuk Anda | Breaktime
Tetaplah berhati-hati meski Anda sudah terbiasa berlatih, ya?

Nah, meskipun Anda telah terbiasa untuk berlatih fisik selama memasuki masa awal kehamilan, namun sebaiknya hindari beberapa posisi yang bisa membahayakan, B’timers. Menurut University of Maryland Medical Center, sebaiknya jauhi latihan yang mengharuskan Anda untuk berbaring terlentang. Selain itu pastikan juga untuk selalu menjaga asupan cairan demi menghindari kondisi tubuh yang dehidrasi, ya?

Ketika Anda merasakan nyeri, sesak napas, kesulitan bernapas hingga kelelahan yang berlebihan setelah berlatih, segera hentikan latihan Anda serta bicarakanlah dengan dokter Anda mengenai senam hamil 7 bulan yang aman untuk Anda lakukan, B’timers. (NO)

Share This Article