Yang Harus Dibahas Sebelum Putuskan Punya Anak | Breaktime
Hal yang Harus Dibahas Sebelum Putuskan Punya Anak
03.04.2016

Pasangan mana sih, yang tidak ingin punya anak? Anak adalah anugerah dan tak satu orang pun mau menolaknya. Namun, sebelum memutuskan untuk memiliki anak, B’timers harus mendiskusikan banyak hal dengan pasangan, lho. Tentu saja, ini untuk kebaikan keluarga dan masa depan anak Anda. Lantas, apa saja hal yang perlu dibahas tersebut?

Bagaimana Anda membesarkan anak

Sepertinya ini akan menjadi hal terpenting yang harus dibahas. Bicarakan dengan pasangan apa yang harus dilakukan dalam membesarkan anak, apalagi jika Anda dan pasangan sama-sama memiliki pekerjaan. Apakah memungkinkan untuk dititipkan pada orang tua atau lebih baik menyewa pengasuh. Bersyukurlah jika yang bekerja hanya suami, jadi salah satu orang tua lebih intens dalam mengawasinya. Oh ya, anggaran dan pemasukan rumah tangga juga perlu dipikirkan, ya!

Yang Harus Dibahas Sebelum Putuskan Punya Anak | Breaktime
Bicarakan masa depan anak

Pola didik seperti apa yang akan diterapkan

Well, bagaimana mendidik anak memang kadang tergantung pada karakter masing-masing orang tua. Namun Anda sebagai calon orang tua hendaknya berpikir dengan baik bagaimana Anda akan mendidik anak. Apakah Anda ingin si calon buah hati nanti menjadi seperti ayah dan ibunya, atau memberikan hak ‘kebebasan’ untuk memilih. Karena anak adalah prioritas Anda, maka didik anak dengan cara yang paling tepat untuknya.

Di mana Anda membesarkan anak

Mungkin Anda dan pasangan sekarang sedang bahagia menikmati masa berdua sebelum kehadiran buah hati. Nah, tak sedikit lho, yang kemudian memutuskan untuk pindah setelah memiliki anak. Apalagi jika Anda dan pasangan masih tinggal dengan orang tua dari salah satu pihak. Masalah umum yang sering terjadi adalah ketika harus membesarkan anak di tempat tinggal suami atau istri. Jadi, pikirkan dengan baik, ya!

Tempat tidur anak

Zaman sekarang memang sering sekali orang tua baru yang menyediakan kamar pribadi untuk bayi mereka. Namun, tidak sedikit juga si ibu yang ingin buah hatinya tetap tidur bersama dengan orang tua agar lebih mudah dalam mengawasi. Untuk itu, lakukan diskusi dan tentukan keputusan yang terbaik dengan pasangan untuk meminimalisir risiko di kemudian hari.

Yang Harus Dibahas Sebelum Putuskan Punya Anak | Breaktime
Kamar untuk calon bayi

Dampak terhadap pekerjaan

Anda akan sangat bahagia jika bisa menyaksikan perkembangan anak dari hari-hari ke hari. Namun, mengurus anak adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Anda mungkin tidak bisa sepenuhnya mengawasi buah hati apalagi jika Anda bekerja. Karena itu diskusikan bagaimana kelanjutan karier jika salah satu dari Anda atau Anda berdua memiliki pekerjaan. Pastinya, yang juga harus dibahas juga adalah pembagian tugas orang tua dalam mengasuh anak, lho!

Nah, itulah apa yang harus dibicarakan sebelum memutuskan untuk memiliki anak. Semoga bermanfaat ya, B’timers! (nap)

Share This Article