Hal Positif yang Bisa Dirasakan Pasangan LDR | Breaktime
Hal-Hal Positif yang Cuma Bisa Dirasakan Pasangan LDR
13.11.2015

Terkadang, jarak yang memisahkan justru bisa semakin menguatkan, seperti dalam sebuah hubungan percintaan. Ya, berdasarkan Journal of Communication, tidak bertemu pasangan justru bisa membuat rasa cinta tumbuh semakin kuat, dan pasangan yang menjalani long distance relationship (LDR) yang sehat, bisa memaknai hubungan dengan lebih dalam dan penuh arti.

Meski rentan dengan berbagai resikonya, dan banyak orang yang merasa negatif serta tidak percaya LDR akan berhasil, sebenarnya jika dijalani dengan sungguh-sungguh, banyak manfaat yang hanya bisa dirasakan oleh pasangan yang menjalani LDR! Apa saja?

Jika jarak bisa dikalahkan, maka hubungan dijamin akan kuat bertahan

Memang ada banyak tantangan dan alasan yang menjadi faktor penyebab putusnya sebuah hubungan. Apalagi, jika itu adalah LDR di mana tidak setiap hari Anda bisa bertemu pasangan. Namun, dengan komitmen yang kuat, jika jarak – dan bahkan waktu – bisa dikalahkan, maka tak ada apapun yang bisa memisahkan.

Tak harus bertemu setiap hari, ada waktu untuk bebas dan sendiri

Tidak akan ada yang mengomel atau protes saat tak bisa saling bertemu. Sebab, masing-masing memang tinggal jauh dan terpisah. Ini bisa memberikan lebih banyak waktu untuk bergaul dengan teman-teman, serta memberikan kesempatan untuk lebih memahami diri sendiri lewat “me” time.

Menjadi pelajaran untuk cara komunikasi yang paling efektif

Jika bersama setiap hari, sangat mungkin waktu yang dihabiskan bukan digunakan untuk mengobrol dengan “serius”. Saat terpisahkan oleh jarak, ketika bertemu akan ada sejuta hal yang bisa dibicarakan, obrolan yang lebih panjang, lebih dalam dan berarti.

Hal Positif yang Bisa Dirasakan Pasangan LDR | Breaktime
LDR bisa membuat rasa cinta dan percaya semakin kuat

Semakin menguatkan komitmen masing-masing

LDR takkan berjalan dengan lancar jika kedua pihak tak sama-sama memiliki komitmen yang kuat. Bahkan, jika ada satu persen saja komitmen itu kurang, LDR bisa dipastikan akan gagal. Jadi, jika tak memiliki komitmen seratus persen, akan lebih baik untuk tidak menjalani LDR.

“Memaksa” dan melatih diri untuk menjadi independen

Banyak pasangan yang tanpa sadar “kehilangan” diri mereka sendiri karena hubungan yang terlalu intens dan terlalu sering bertemu. Namun, bagi pasangan yang menjalani LDR, jarak yang memisahkan memaksa keduanya untuk saling mandiri dan bergantung dengan pasangan.

Bisa merencanakan sesuatu dengan lebih baik

LDR membutuhkan skill komunikasi yang sangat baik. Dalam artian, tak hanya komunikasi saat sedang terpisah jauh, melainkan juga saat merencakan untuk bertemu. Juga, segala rencana jangka panjang yang diinginkan dalam hubungan.

Nah, hal-hal positif di atas hanya bisa dirasakan oleh pasangan yang menjalani LDR. Namun, B’timers yang tengah menjalin hubungan “normal” alias tidak terpisah jarak juga bisa kok, merasakan manfaat seperti yang disebutkan tadi. Caranya adalah dengan pandai-pandai mengatur waktu dan aktivitas bersama pasangan, serta berkomunikasi dengan baik. (md)

Share This Article