Ternyata Cuma 1 Cinta yang Bisa ke Pernikahan | Breaktime
Dari 4 Tipe Hubungan Cinta, Ternyata Cuma 1 yang Bisa Terus ke Pernikahan
16.11.2015

Sebuah penelitian terbaru yang mengelompokkan hubungan menjadi 4 kriteria menyatakan, hanya ada 1 jenis hubungan yang akan berhasil bertahan lama sampai ke jenjang pernikahan. Penelitian tersebut dilakukan oleh Brian Gabriel Ogolsky yang merupakan asisten professor di Human Development and Family Studies dari University of Illionis.

Brian Ogolsky mengklasifikasikan para pasangan dari perubahan komitmen untuk menikah dan alasan kenapa hal tersbut dilakukan. Ia mengambil sampel sebanyak 376 pasangan yang belum menikah yang berusia pertengahan 20 tahun dalam jangka waktu penelitian selama 9 bulan.

Empat macam kriteria hubungan yang dikelompokkan adalah; dramatis, penuh dengan konflik, socially involved, dan fokus terhadap pasangan. Peneliti membuat sebuah grafik tentang pasang surut hubungan selama 9 bulan yang digunakan untuk mewawancarai mereka, yang teramsuk juga berbagai argumen dan perbedaan pendapat yang dikeluarkan. Berikut penjelasan lengkapnya:

Dramatis

Ternyata Cuma 1 Cinta yang Bisa ke Pernikahan | Breaktime
Pasangan dramatis lebih memiliki kecenderungan untuk putus

Dari 376 pasangan yang diajdikan sample, ada 43 % yang termasuk dalam kelompok ini. Mereka yang termasuk dalam kelompok dramatis memiliki hubungan yang sering bertengkar karena banyak sekali drama yang ada. Padahal bisa dibilang intenstias mereka bertemu jarang dibandingkan dengan yang lainnya. Untuk ke jenjang pernikahan, pasangan dramatis ini banyak yang tidak berhasil karena kebanyakan dari mereka putus setelah 9 bulan dilakukan penelitian.

Penuh dengan konflik

Ternyata Cuma 1 Cinta yang Bisa ke Pernikahan | Breaktime
Penuh dengan konflik dan pertentangan, pernikahanpun tidak ada bayangan

Dari sampel yang diambil, terdapat 12 % pasangan yang termasuk kategori hubungan penuh konflik. Mereka yang masuk dalam kategori ini termasuk yang memiliki perbedaan pendapat yang tinggi. Namun, dibandingkan dengan dengan pasangan dramatis, mereka yang penuh dengan konflik ini memiliki hubungan yang lebih kuat. Untuk menuju ke jenjang pernikahan, umumnya tidak ada dalam bayangan masing-masing pasangan.

Socially involved

Ternyata Cuma 1 Cinta yang Bisa ke Pernikahan | Breaktime
Social media mempengaruhi hubungan, pernikahan dipikirkan belakangan

Pasangan yang mengedepankan berbagai sosial media ini terhitung sebanyak 19 %. Hubungannya mengalami pasang dan surut Karena pengaruh berbagai sosial media yang mereka miliki. Sedangkan pernikahan adalah salah satu hal yang paling terakhir dipikirkan di jenis hubungan ini.

Fokus terhadap pasangan

Ternyata Cuma 1 Cinta yang Bisa ke Pernikahan | Breaktime
Inilah jenis pasangan yang bisa langgeng sampai pernikahan

Tercatat terdapat 30 % pasangan yang termasuk jenis hubungan ini. Mereka yang menjalani jenis hubungan ini selalu mengedepankan pasangan masing-masing dibandingkan dengan yang lainnya. meski hal tersbut bisa berubah karena waktu mereka akan bisa bertahan lama. Mereka yang dalam hubungan ini memiliki tanggapan positif yang tinggi terhadap hidup bersama dan pernikahan.

Itulah 4 kriteria yang didapat melalui sebuah penelitian panjang selama 9 bulan. Lalu, masuk tipe manakah hubungan B’timers? (ya)

Share This Article