Cemburu Tanda Cinta, Benarkah? | Breaktime
Cemburu Tanda Cinta, Benarkah?
18.10.2015
“There is more self-love than love in jealousy”—Francois Duc de La Rochefoucauld

Merasakan cemburu dalam sebuah hubungan merupakan hal yang sangat wajar. Namun, bagaimana menyikapinya itulah hal yang perlu untuk diperhatikan. Banyak orang kehilangan kontrol diri saat sedang merasa cemburu.

Apalagi mereka menganggap cemburu adalah pertanda cinta. Mereka akan menjadikan cemburu sebagai sebuah alasan untuk bisa saling menyakiti. Sebenarnya, apakah benar cemburu merupakan tanda cinta?

Pengertian cemburu

Cemburu Tanda Cinta, Benarkah? | Breaktime
Cemburu merupakan perasaan negatif yang perlu diminimalisir

Sebelum menelisik lebih jauh apakah cemburu itu merupakan tanda cinta atau bukan, yuk cari tahu terlebih dahulu artinya. Cemburu merupakan kombinasi banyak perasaan negatif seperti halnya marah, ketakutan, kesedihan, dan juga dikhianati.  Jadi tidak mengherankan jika ketika seseorang merasa cemburu akan ada hal negatif yang dilakukan.

Cemburu sendiri dibagi menjadi 4 macam antara lain; cemburu antar saudara, cemburu dalam pekerjaan, camburu yang berkaitan dengan waktu, dan cemburu terhadap pasangan. Jika mengaitkan cemburu dengan perasaan cinta memang ada hubungannya. Namun, menjadikan cemburu sebagai alasan untuk saling menyakiti dan mementingkan egosime diri sepertinya tidak etis sama sekali.

Kaitan cemburu dan cinta

Cemburu Tanda Cinta, Benarkah? | Breaktime
Jangan jadikan cemburu sebagai alasan untuk bisa saling menyakiti

Kata banyak orang cemburu merupakan sebuah tanda cinta. Namun, Gwendolyn Seidman, Ph.D seorang professor di Albright College membantah keras bahwa cemburu merupakan pertanda cinta. Malahan, ia menambahkan bahwa cemburu merupakan salah satu masalah klasik yang sering menjadi penyebab berakhirnya sebuah hubungan. Ketika Anda merasakan cemburu, itu bukan menunjukkan cinta melainkan memberitahukan kegelisahan dan rasa tidak aman diri.

Lalu apakah dalam sebuah hubungan tidak boleh ada cemburu? Cemburu sangat wajar terjadi lho, B’timers. Masalahnya ada pada bagaimana Anda menyikapinya, apakah dengan mengeluarkan luapan emosi yang ada pada diri, atau juga membicarakannya dengan pasangan.

Lakukan hal ini ketika Anda cemburu

Cemburu Tanda Cinta, Benarkah? | Breaktime
Bicarakan baik-baik masalah yang sedang terjadi

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan hubungan yang sedang dibina menjadi retak dikarenan cemburu yang berlebihan. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan:

  • Komunikasikan dengan pasangan sebenarnya apa yangs edang mengganjal di hati agar tidak terjadi miscommunication
  • Jadikan rasa cemburu tersebut sebagai pemicu diri untuk berusaha tampil yang lebih baik lagi
  • Tenangkan diri dan pikiran dengan melakukan travelling ke tampat-tempat baru yang cantik
  • Bicarakan pada sahabat terbaik dan mintalah pendapatnya

Cinta tidak akan membuat Anda sengsara. Namun , rasa cemburulah yang akan membuat Anda terkungkung dan terkontrol dalam sebuah hubungan. Jika Anda kehilangan hubungan baik dengan orang-orang terdekat karena pasangan merasa cemburu, berarti itu bukanlah cinta. 

Share This Article