Cara Simple untuk Menghitung Siklus Haid Sendiri | Breaktime
Cara Simple untuk Menghitung Siklus Haid Sendiri
15.04.2017

Pada dasarnya, masih banyak wanita yang belum mengetahui cara menghitung siklus haid masing-masing. Mungkin juga sebagian besar wanita tidak menghitung siklus haidnya. Namun, ini bukan berarti mereka acuh tak acuh dengan periode haid ini. Hanya saja, para ladies ini belum memahami bagaimana caranya. Biasanya, wanita yang berusia 20-an masih mengalami siklus haid yang berubah-ubah. Jadi, meski sudah biasa mengalaminya tiap bulan, kadang periodenya masih saja tak menentu.

Padahal, kalau tahu caranya, amat sangat mudah untuk menghitung siklus haid normal ini. Nah, dengan mengetahui siklus haid, maka itu dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi masa-masa haid saat datang nanti. Dan, Anda pun jadi bisa membuat prediksi waktu kapan masa haid akan datang. Yap, it’s just so easy. Yang Anda butuhkan hanyalah kalender dan spidol.

Baca juga : CARA HUBUNGAN SEKS AGAR CEPAT HAMIL SETELAH HAID

Jadi, langkah pertama adalah menandai hari pertama saat Anda haid. Misalnya, Anda mengalami haid pertama kali pada tanggal 15. Lingkarilah tanggal 15 tersebut pada kalender Anda. Kemudian, untuk langkah yang kedua adalah, Anda bisa menandai berapa lama Anda mengalami haid. Jadi, lingkarilah semua tanggal selama periode haid Anda berlangsung.

Cara Simple untuk Menghitung Siklus Haid Sendiri | Breaktime
Dengan cara menghitung siklus haid, nyeri haid bisa lebih diatasi

Nah, untuk langkah ketiga, Anda tinggal menghitung, dari tanggal haid pertama kali, sampai ke hari sebelum hari-H Anda haid berikutnya. Ini adalah siklus haid Anda, dan, apakah hitungan Anda mencapai 28 hari? Atau, bisa jadi lebih atau kurang dari itu, siklus haid normal tidak sama untuk setiap wanita.

Ini bisa menjadi patokan untuk memprediksi kapan masa haid berikutnya lagi. Selain itu, tuliskan juga seperti apa keadaan saat berjalannya masa haid Anda. Dengan mengetahui gejala-gejala PMS atau pre-menstrual syndrome Anda, maka itu bisa digunakan untuk memprediksi kapan masa haid berikutnya.

Baca juga : JADWAL HAID TAK TERATUR? HATI-HATI PENYAKIT INI!

Dengan mencatat, berapa lama Anda haid dan seperti apa flow-nya, apakah itu deras, normal atau ringan, itu dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi masa haid berikutnya. Nah, salah satu kelebihannya adalah, Anda bisa memprediksi harus membawa berapa pembalut untuk berganti jika mengalami haid berikutnya nanti.

Sebenarnya, selama berapa hari Anda haid kadang juga tak tentu. Bisa jadi di hari-hari terakhir Anda masih haid namun sangat sedikit dan tipis-tipis. Jadi, cara menghitung siklus haid memang harus fleksibel. Ada masa haid yang sangat jelas periodenya, kapan mulai dan kapan selesai. 

Cara Simple untuk Menghitung Siklus Haid Sendiri | Breaktime
Cara menghitung siklus haid bantu atasi mood swing saat PMS, chocolate, ladies?

Namun, ada juga yang tidak begitu jelas dan saat seakan hari haid sudah berakhir, masih saja ada flek-flek tipis. Namun, sebenarnya hal tersebut tak jadi masalah. Yang penting adalah Anda sudah mengetahui seperti apa gambarannya untuk siklus haid yang dialami. Nah, umumnya, pada hari-hari pertama haid, akan terasa berat dan flow-nya deras, namun berangsur-angsur menjadi lebih ringan.

Baca juga WARNA DARAH HAID DAN MAKNANYA DI DALAM KESEHATAN

Menjelang haid, banyak wanita yang merasakan sakit pada punggung bawah dan juga mengalami kram. Lalu, pada masa haid, tak jarang kram terjadi lagi dan juga muncul perasaan moody. Ini merupakan tanda-tanda PMS. Lalu, seperti apa saja tanda-tanda lainnya? Well, sebelum mulainya haid, perubahan hormon yang terjadi pada tubuh Anda bisa menyebabkan gejala yang dikenal sebagai PMS.

Seperti yang disebutkan tadi, ini menandakan siklus haid normal dan Anda bisa mengetahui ketika masa haid akan datang. Beberapa tanda PMS adalah merasa murung atau mudah marah, sakit punggung bagian bawah, payudara nyeri, kram di bagian bawah perut, paha bagian dalam terasa sakit, muncul jerawat, sakit kepala, sembelit atau diare, merasa kembung, serta perubahan nafsu makan.

So, jika sudah mengetahui cara menghitung siklus haid dan tanda-tanda PMS, B’timers bisa melakukan persiapan menjelang periode haid yang akan datang. (md)



artikel kompilasi
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide
related img
icon maps
bali
guide