Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah | Breaktime
Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah
02.08.2017

B’timers baru saja dinyatakan hamil? Selamat ya! Tahukah Anda berapa usia kehamilan Anda saat ini? Usia kehamilan ternyata sangatlah penting untuk diketahui para calon ibu baru karena dapat menentukan perlakuan yang sesuai terhadap kandungan Anda dalam setiap masa perkembangannya. Selama kurang lebih 40 minggu masa kehamilan, janin Anda mengalami proses pertumbuhan yang luar biasa. Selain menjaga pola makan dan istirahat cukup, perlakuan terhadap kandungan berdasarkan usia kehamilan juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan Anda dan janin. Dengan mengetahui cara menghitung usia kehamilan, Anda dapat mengetahui asupan nutrisi apakah yang perlu Anda konsumsi serta sejauh mana Anda perlu bersiap menjelang kelahiran buah hati Anda. Selain itu, terdapat waktu-waktu tertentu yang penting untuk melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter kandungan untuk mencegah terjadinya komplikasi kehamilan, melakukan imunisasi yang diperlukan, serta memastikan Hari Perkiraan Lahir (HPL).

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Usia 30 Susah Cari Teman? Siapa Bilang?

Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan oleh dokter kandungan dan bidan dalam menentukan usia kehamilan (gestational age). Metode paling mudah dan praktis ialah dengan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) yang dianggap paling akurat dibandingkan dengan metode lainnya. Dengan tingkat akurasi usia kehamilan sebesar 95%, USG tersedia dalam 2 pilihan, yakni USG 3 dimensi dan 4 dimensi. Kecanggihan alat kedokteran saat ini memudahkan Anda untuk melakukan pemeriksaan USG 4 dimensi untuk mengetahui perkembangan organ internal dan bentuk janin dengan lebih jelas, serta mengetahui kemungkinan adanya kecacatan atau permasalahan pada kandungan. Terdapat 2 cara untuk melakukan pemeriksaan USG, yakni USG transvaginal dan transabdominal. USG transvaginal dilakukan pada awal masa kehamilan, yakni untuk mengetahui keberadaan kantong janin dan lokasi janin. Menjelang akhir masa kehamilan, USG transvaginal juga perlu dilakukan untuk mengetahui bukaan dan memeriksan kondisi jalan lahir. 

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Mudah | Breaktime
Pastikan Anda mengetahui usia kehamilan Anda dengan baik
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Begini Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat

Metode kedua untuk mengetahui usia kehamilan Anda ialah metode kalender, yakni dengan mengacu pada Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Metode kalender ini merupakan metode yang mudah serta paling disarankan untuk dilakukan. Kebanyakan dokter kandungan dan bidan sebisa mungkin akan menghindari untuk melakukan pemeriksaan USG pada kandungan Anda, terutama pada awal kehamilan yang membutuhkan USG internal. USG internal atau transvaginal pada awal kehamilan cukup berisiko untuk dilakukan karena berada dalam posisi yang sangat dekat dengan janin Anda yang baru berkembang. Sebaiknya metode perhitungan HPHT merupakan metode yang paling sederhana dan aman untuk dilakukan sejak awal kehamilan. Secara umum, konsepsi atau pembuahan terjadi pada hari ke-14 dalam siklus menstruasi atau 2 minggu sejak hari pertama menstuasi terakhir Anda. Setelah terjadi ovulasi, sel telur Anda akan mengalami fertilisasi dalam kurun waktu 24 hingga 36 jam sesudahnya. Apabila B’timers memiliki siklus menstruasi yang cukup teratur yakni kurang-lebih 28 hari, rumus berikut sebagai salah satu cara menghitung usia kehamilan. Rumusnya ialah: tanggal HPHT + 7, bulan haid terakhir – 3, tahun haid terakhir + 1. Misalnya, apabila hari pertama menstruasi Anda ialah 20 November 2016, perhitungan usia kehamilan Anda menjadi: 20 + 7, 11 – 3, 2016 + 1 = 27, 8, 2017. Artinya, HPL atau Hari Perkiraan Lahir buah hati Anda ialah 27 Agustus 2017. Anda dapat menghitung usia kandungan Anda per tanggal 27. Sehingga, pada 27 Desember 2016, usia kandungan Anda ialah 1 bulan, demikian pula seterusnya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pernah Mimpi Tentang Seks? Ternyata Ini Maknanya

Sayangnya, tak semua calon ibu mengingat jadwal menstruasi. Bisa jadi, Anda memiliki jadwal mesntruasi yang tidak teratur. Jika demikian, metode yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui usia kehamilan ialah dengan mengukur tinggi puncak rahim. Metode ini dapat dilakukan bidan maupun dokter kandungan dengan cara menghitung jarak dari tulang kemaluan Anda hingga ke bagian puncak rahim (fundus uteri) yang menonjol di perut. Cara menghitung usia kehamilan tersebut dapat dilakukan dengan menggunaan pita ukur saat usia kehamilan Anda kira-kira telah melewati minggu ke-22 hingga 24. Hasil pengukuran jarak antara tulang kemaluan ke puncak rahim menunjukkan usia kehamilan Anda. Artinya,, apabila jarak dari tulang kemaluan menuju puncak rahim ialah 28 cm, usia kehamilan Anda saat ini merupakan 28 minggu.

Terakhir nih, B’timers, hasil penghitungan usia kehamilan Anda tadi tidak sepenuhnya dapat menentukan HPL buah hati Anda dengan pasti. Pada kehamilan pertama, khususnya, bayi cenderung untuk bertahan lebih lama di dalam kandungan, dengan estimasi antara 40 hingga 42 minggu untuk masa kandungan normal. Semoga masa kehamilan Anda senantiasa sehat dan menyenangkan ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE