Calon Pengantin Wajib Tes Kesehatan Pre-Wedding! | Breaktime
Calon Pengantin Wajib Tes Kesehatan Pre-Wedding, Lho!
30.04.2016

Pernikahan merupakan jenjang yang lebih serius dari sebuah pasangan. Banyak yang harus B’timers persiapkan sebelum pernikahan berlangsung, mulai dari resepsi hingga tes kesehatan. Yap, tes kesehatan pre-wedding ini perlu untuk Anda lakukan agar kesehatan Anda dan pasangan terjamin. Sederet tes kesehatan berikut harus Anda jalani, lho! Apa saja?

Uji HIV dan Penyakit Menular Seksual

Penyebaran virus HIV dan penyakit menular seksual lainnya sangat rawan. B’timers tentunya ingin Anda maupun pasangan Anda terbebas dari virus mematikan ini. Bila Anda menemukan penyakit ini bersarang di tubuh Anda, Anda berdua dapat berbicara apakah akan melanjutkan ke jenjang pernikahan atau tidak. Anda juga dapat dengan cepat mengatasinya dengan pengobatan medis agar tidak menyebar dan semakin parah.

Calon Pengantin Wajib Tes Kesehatan Pre-Wedding! | Breaktime
Anda tentu ingin pasangan dan Anda terbebas dari virus HIV

Tes gen sel sabit

Penyakit sel sabit adalah suatu kondisi kronis yang melemahkan karena sel darah merah cacat dan berbentuk sabit. Dengan menjalani tes ini, B’timers dapat mengetahui apakah Anda dan pasangan termasuk pembawa sel sabit atau justru pasien. Bila pasien sel sabit menikah dengan pembawa gen sel sabit maka 50% anak yang dilahirkan akan menderita penyakit kronis tersebut. Bila pasien sel sabit menikah dengan orang normal, keturunannya hanya akan menjadi pembawa gen sel sabit tersebut.

Tes kesuburan

Tes ini akan sangat penting bagi setiap pasangan. Tentunya B’timers ingin memiliki keturunan, itulah sebabnya Anda memutuskan menikah dengan pasangan Anda sekarang. Tidak hanya dilakukan oleh calon pengantin wanita saja, calon pengantin pria juga harus melakukan tes kesuburan. Biasanya meliputi analisis sperma, kecocokan hormon pasangan seperti FSH, LH, Prolaktin, testosteron, progesteron, hingga estrogen.

Calon Pengantin Wajib Tes Kesehatan Pre-Wedding! | Breaktime
Menikah adalah salah satu cara mendapatkan keturunan

Tes golongan darah

Salah satu tes kesehatan pre-wedding yang penting untuk dilakukan adalah tes golongan darah. Dengan melakukan tes golongan darah, B’timers tidak hanya mengetahui golongan darah Anda (A, B, O, atau AB) tetapi juga rhesus Anda dan pasangan. Rhesus yang tidak cocok akan mempengaruhi kondisi kesehatan janin yang akan dilahirkan dalam keluarga kecil Anda. Pastikan rhesus yang Anda miliki cocok dengan pasangan.

Tes gen pembawa penyakit kronis

Pernikahan adalah sebuah janji sehidup semati. Tentunya Anda harus mempersiapkan diri pada kondisi terburuk seperti penyakit kronis yang kemungkinan diderita oleh Anda dan pasangan. Dengan mengetahui gen maupun gejala penyakit kronis yang mungkin akan muncul, B’timers dapat lebih cepat melakukan pengobatan maupun menjalankan pola hidup sehat untuk mencegah semakin parahnya penyakit tersebut.

Calon Pengantin Wajib Tes Kesehatan Pre-Wedding! | Breaktime
Growing old together with you is my happiness

Ternyata tes kesehatan pre-wedding sangat bermanfaat bagi diri Anda dan pasangan, ya! Dengan melakukan tes kesehatan tersebut, B’timers dapat melakukan pencegahan melakukan pengobatan terhadap penyakit yang mungkin muncul di masa depan. Happy wedding, B’timers! (ft)

Share This Article