Bolehkah Hiking Selama Masa-Masa Kehamilan? | Breaktime
Bolehkah Hiking Selama Masa-Masa Kehamilan?
16.08.2017

Masa-masa kehamilan adalah saat yang paling ditunggu oleh banyak pasangan di dunia. Namun, setiap calon ibu punya kondisi yang berbeda-beda ketika mereka dinyatakan hamil. Sensasi pertama yang sering terjadi adalah rasa mual. Ini seringkali terjadi pada awal masa kehamilan. Ada saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegah rasa mual, yaitu dengan minum teh herbal atau jahe.

Gejala lainnya juga bisa dirasakan bermacam-macam. Ada yang sering merasa kelelahan, sering pusing, atau mengalami konstipasi. Namun, nggak sedikit pula yang merasa baik-baik saja selama hamil. Tipe ibu seperti ini tidak akan pernah bisa diam di rumah. Bahkan untuk yang hobi traveling atau adventure akan sangat bersemangat untuk jalan-jalan. Lalu, bagaimana dengan hiking? Apakah bisa ibu yang sedang hamil melakukan kegiatan yang terbilang cukup berat ini?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Heboh Sex Confessions para Seleb Hollywood

Trimester 2 dirasa sebagai masa-masa paling nikmat selama hamil. Ini karena calon ibu mulai bisa beradaptasi dan energi mulai bisa terisi kembali. Nah, kalau Moms sudah biasa traveling jauh atau bahkan mendaki gunung sebelumnya, biasanya selama hamil akan memiliki fisik yang kuat. Meski begitu, semua hal tentang kehamilan harus tetap rajin berkonsultasi dengan dokter. Apalagi ketika Anda akan memutuskan untuk hiking.

Setelah dokter menyatakan tak ada masalah dengan kandungan, Anda bisa mulai menyiapkan perlengkapan hiking khusus ibu hamil. Hal-hal yang harus disiapkan antara lain baju olahraga atau baju hiking yang nyaman, sepatu, hiking poles, makanan/camilan secukupnya, dan MP3 player. Pastikan juga Moms seudah menyiapkan peta dan jarak masing-masing pos pemberhentian. Ingat satu hal bahwa jangan pernah memilih gunung dengan track atau medan yang curam dan berat. Pilih saja gunung atau bukit dengan jalur santai dan tak berbatu.

Sebelum melakukan hiking di masa-masa kehamilan, Anda juga perlu melakukan pemanasan dan pendinginan. Hal ini dilakukan agar Moms tidak mengalami kram otot. Jangan lupa juga untuk mengajak suami dan beberapa teman untuk menemani Anda dan si kecil hiking. 

Bolehkah Hiking Selama Masa-Masa Kehamilan? | Breaktime
Ada aturan yang harus dilakukan saat hiking pada masa-masa kehamilan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Benarkah Menyusui Jadi Cara Mencegah Kehamilan?

Anda juga perlu mengetahui manfaat hiking untuk ibu hamil dan buah hati yang ada dalam kandungan. Manfaat untuk sang ibu adalah udara segar yang masuk ke dalam tubuh bisa ikut menyegarkan pikiran Anda. Aktifitas mendaki yang Anda lakukan ini juga bisa melancarkan peredaran darah yang akan membuat tubuh terasa lebih fit.

Hal tersebut jelas juga akan dirasakan oleh buah hati yang ada di dalam perut. Kegiatan mendaki ini akan berpengaruh pada kesehatan jantung anak Anda. Dilansir dari situs Livescience.com, sering berolahraga bisa memperlambat detak jantung pada bayi yang menjadi indikasi bahwa jantungnya berada dalam kondisi sehat.

Satu lagi yang harus dilakukan adalah menyiapkan sarapan yang bergizi. Konsumsi makanan dengan kombinasi karbohidrat kompleks dan protein yang mampu meningkatkan energi dalam tubuh Moms. Protein bisa didapatkan dari bahan makanan telur, salmon, dan kacang-kacangan. Sedangkan karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari buah-buahan, sereal, roti gandum, dan kentang rebus.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
3 Komplikasi Langka Selama Proses Kehamilan

Mengonsumsi vitamin masa kehamilan juga tak masalah, hanya saja jika berlebihan, yang ada justru kehamilan Anda tidak sehat, melainkan semakin bahaya untuk ibu dan calon bayi. Nutrisi yang baik untuk ibu hamil adalah makanan alami, bukan suplemen yang terbuat dari campuran bahan kimia. Jadi sebaiknya kurangi mengonsumsi vitamin pada masa kehamilan.

Well, mendaki pada masa-masa kehamilan bukanlah masalah besar dan bisa saja dilakukan oleh ibu atas anjuran dokter. Lagipula, hiking juga bisa membuat fisik lebih terjaga. Yang terpenting adalah sesuaikan dengan kemampuan dan kekuatan Anda ya, Moms.  (vpd)                                                                                 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE