Benarkah Meditasi Bikin Hubungan Asmara Jadi Lebih Baik? | Breaktime
Benarkah Meditasi Bikin Hubungan Asmara Jadi Lebih Baik?
02.06.2015

Ketika Anda sedang dalam sebuah hubungan, baik itu pernikahan ataupun pacaran tentunya hal yang paling dinginkan adalah tidak akan banyak hambatan yang menghadang. Namun, ternyata terkadang harapan tak sesuai dengan kenyataan, banyak sekali kerikil tajam yang menyandung hubungan Anda. Katanya melakukan meditasi secara rutin dapat membuat hubungan asmara yang sedang dijalani menjadi romantis dan harmonis. Sebenarnya hal ini masuk akal atau tidak?

Ternyata kabar yang menyatakan bahwa melakukan meditasi secara teratur akan membuat hubungan asmara yang dijalani semakin membaik dan romantis bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini telah dibuktikan berbagai penelitian. Penelitian pertama dilakukan oleh Wachs, K dan Cordova pada tahun 2007 yang berjudul Mindful Relating: Exploring Mindfulness and Emotion Repertoires in Intimate Relationships.

Meditasi bisa meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan pasangan
Meditasi bisa meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan pasangan

Dalam penelitian tersebut dihasilkan fakta bahwa dengan melakukan meditasi secara rutin yang dilakukan oleh married couple dapat meningkatkan kualitas pernikahan secara signifikan. Secara bertahap, meditasi yang dijalani akan berpengaruh secara positif terhadap suasana hati ketika melakukan komunikasi dengan pasangan dan juga dapat mengontrol emosi atau kemarahan dengan sangat baik.

Penelitian yang kedua dilakukan oleh Barnes S. Et al pada tahun 2007 dari Universitas Rochester yang menghubungkan antara meditasi dengan kepuasan dalam menjalin hubungan asmara. Di dalam penelitian ini juga dihasilkan kesimpulan yang kurang lebih sama dengan yang dilakukan oleh Wachs, K dan Cordova, yaitu meditasi dapat membuat komunikasi menjadi lancar. Jadi, hubungan asmara yang jauh lebih berkualitas dibandingkan sebelumnya.

Well, setelah B’timers tahu dengan jelas bahwa melakukan meditasi dapat meningkatkan hubungan asmara yang sedang dijalani, sekaranglah saatnya mencobanya.

Share This Article