Benarkah Hubungan Cinta yang Bahagia Bisa Bikin Gemuk? | Breaktime
Benarkah Hubungan Cinta yang Bahagia Bisa Bikin Gemuk?
02.10.2015

Memiliki hubungan cinta yang harmonis dan merasa nyaman antara satu sama lain tentunya akan membuat Anda merasa makin sempurna, ya. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri akan memberikan dampak baik untuk kehidupan pribadi dan sosial Anda. Ada sebuah pendapat yang beredar luas di masyarakat bahwa merasakan nyaman dengan pasangan bisa membuat tubuh makin gendut. Benarkah demikian?

Penelitian ilmiah

Tidak bisa dipungkiri bahwa pertanyaan mengenai pengaruh kebahagiaan dan berat badan ini ini menarik perhatian banyak ilmuwan. Contohnya saja seperti yang dilakukan oleh Izzy Cameron, seorang Nutrition and Weight Management Specialist dari UK. Cameron melakukan survei mengenai kebahagiaan dalam sebuah hubungan dan juga kegemukan. Dan hasilnya sangat mengejutkan banyak pihak.

Dari subjek yang diteliti, 62% orang yang merasa nyaman dengan pasangannya mengaku mengalami kenaikan berat badan. Tidak hanya itu saja, sebanyak 72% dari mereka juga memiliki pendapat bahwa pasangannya juga mengalami hal yang sama.

Selain itu, Ralph Hertwig, pimpinan dari Max Planck Institute for Human Development in Berlin menjelaskan bahwa faktor sosial seperti halnya hubungan antara pasangan memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan. Selain memiliki pola makan yang berlebihan saat merasa nyaman dengan pasangan, kenaikkan berat badan juga disebabkan menurunnya kadar dopamin di dalam tubuh.

Merasa nyaman dengan pasangan ternyata bisa membuat tubuh makin gendut
Merasa nyaman dengan pasangan ternyata bisa membuat tubuh makin gendut

Dampak untuk tubuh

Meski gemuk merupakan salah satu tanda bahagia, jangan biarkan tubuh semakin membengkak. Tubuh dengan bobot berlebih mudah sekali terpapar oleh berbagai penyakit yang berbahaya. Contohnya saja, serangan jantung dan juga stroke. Maka dari itu, teruslah bergerak aktif dan berolahraga dan terapkan pola hidup sehat untuk meminimalisir berbagai ancaman yang akan terjadi.

Punya hubungan cinta yang membahagiakan tentu patut disyukuri. Tapi jangan sampai mengorbankan kesehatan Anda ya, B’timers!

Share This Article