Bangun Kepercayaan dalam Hubungan, Ini Tipsnya! | Breaktime
Bangun Kepercayaan dalam Hubungan, Ini Rahasianya!
29.03.2016
“TRUST, take years to build, seconds to break, and forever to repair.” - Anonymous

Kepercayaan dalam sebuah hubungan merupakan hal yang amat penting untuk kelangsungannya. Kepercayaan jugalah yang dapat menjaga dan meningkatkan kualitas hubungan. Oleh karena itu, membangun kepercayaan merupakan hal esensial yang harus dilakukan bersama pasangan. Berikut rahasianya.

Jujurlah pada diri sendiri maupun pasangan

Langkah pertama untuk membangun kepercayaan adalah dengan mengutamakan kejujuran. Jujurlah pada diri sendiri maupun pasangan. Sebisa mungkin, hindari kebohongan meski itu merupakan hal yang sangat sepele bagi Anda. Jadilah terbuka dan jujur tentang segala hal pada pasangan Anda.

Bangun Kepercayaan dalam Hubungan, Ini Tipsnya! | Breaktime
Sebisa mungkin, tepati janji Anda

Tepati janji

Seringkali, seseorang akan melupakan janji-janji kecil yang pernah mereka buat. Terlebih ketika pasangan tak menuntut Anda untuk menepatinya. Tapi, bagaimanapun juga, jadilah orang yang dapat diandalkan dan selalu tepati janji Anda tanpa diminta.

Beri batasan

Cemburu dan curiga merupakan hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Tapi, ketika hal ini menjadi berlebihan, bersiaplah menghadapi kehancuran hubungan. Untuk itu, beri batasan bagaimana harus berlaku dengan orang lain di sekitar. Serta hindari meluapkan kecurigaan dan rasa cemburu Anda secara berlebihan.

Percaya pada diri sendiri

Percaya pada diri sendiri merupakan kunci kepercayaan dalam hubungan. Anda harus yakin akan pilihan Anda. Jika merasa hubungan ini tidak tepat atau naluri Anda mengatakan bahwa ini merupakan hubungan yang tak sehat, Anda memiliki hak untuk mengakhirinya.

Bangun Kepercayaan dalam Hubungan, Ini Tipsnya! | Breaktime
Rasa percaya harus diawali dari diri sendiri

Percaya pada pasangan Anda

Ketidakpercayaan pada pasangan, tentu akan menimbulkan argumen yang berbelit-belit dan dapat memanaskan suasana. Meragukan kejujuran pasangan hanya akan membuatnya kecewa pada Anda. Percayalah pada pasangan, kecuali Anda benar-benar memiliki bukti yang kuat bahwa si dia berbohong.

Jangan ungkit masa lalu

Yang telah lalu, biarkanlah berlalu. Mengungkit masa lalu, bisa saja menyakiti diri Anda maupun pasangan. Tak ada yang dapat mengubah masa lalu, karena waktu tak bisa sekalipun kembali. Untuk itu, jangan salahkan diri sendiri maupun pasangan tentang masa lalu yang telah terjadi. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran berharga yang dapat meningkatkan kualitas hubungan Anda dan pasangan.

Rasa percaya bukanlah suatu hal yang dapat datang dengan sendirinya, melainkan harus dibentuk dengan kerja sama yang baik antara Anda dan pasangan. Memulainya dari hal-hal kecil merupakan cara terbaik untuk membangun kepercayaan yang kuat meski mungkin jarak memisahkan. (dfr)

Share This Article