Awas, Ini Penyebab Masalah Kesuburan Wanita! | Breaktime
Awas, Ini Penyebab Masalah Kesuburan Wanita!
18.03.2016

Setiap pasangan yang telah menikah, tentu mengharapkan kehadiran buah hati untuk melengkapi kebahagiaan mereka. Namun, tak semuanya berhasil karena adanya masalah kesuburan. Sayangnya, ternyata hal-hal kecil yang biasanya justru menjadi penyebab masalah kesuburan wanita. Apa saja, ya?

Olahraga keras

Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh termasuk kesuburan Anda. Namun, jika dilakukan secara berlebihan dan terlalu keras, hasilnya adalah gangguan kesuburan. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang berolahraga tiap hari memiliki risiko 3,5 kali lebih besar mengalami masalah kesuburan.

Terlalu kurus

Memiliki badan yang ramping merupakan impian tiap wanita. Namun, tahukah Anda bahwa persediaan lemak dalam tubuh yang tidak memadai dapat menyebabkan masalah kesuburan wanita? Untuk itu, dibandingkan badan kurus, berat badan ideal adalah yang terbaik.

Awas, Ini Penyebab Masalah Kesuburan Wanita! | Breaktime
Jaga berat badan ideal

Kegemukan

Kegemukan diakibatkan oleh banyaknya timbunan lemak dalam tubuh. Lemak tubuh ini dapat meningkatkan hormon estrogen yang dapat mempengaruhi siklus haid. Selain itu, kegemukan juga dapat menekan organ-organ tubuh dan menganggu kinerja organ reproduksi.

Merokok

Meski banyak tahu tentang bahaya rokok, masih banyak wanita yang melanjutkan kebiasaan merokok mereka. Padahal, merokok dapat membahayakan ovarium dan menurunkan kualitas sel telur lho, B’timers. Bahkan, menopause pun akan datang lebih awal.

Awas, Ini Penyebab Masalah Kesuburan Wanita! | Breaktime
Mulai gaya hidup sehat dan atasi stres

Gaya hidup

Gaya hidup menjadi penyebab 15-20 persen penyebab masalah kesuburan pada wanita. Gaya hidup yang tidak sehat, dapat meningkatkan terjadinya masalah ovulasi dan tuba fallopi yang memiliki peran penting terhadap kesuburan wanita.

Stres

Stres merupakan hal yang tampak sederhana. Padahal, pengaruhnya pada tubuh amatlah besar. Kecemasan dan ketegangan urat saraf saat merasa stres dapat memicu siklus haid tak teratur dan gangguan ovulasi serta menurunnya kualitas sel telur.

Usia

Kesuburan seorang wanita akan terus menurun dan memasuki masa menopause seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini terutama disebabkan karena menurunnya cadangan sel telur yang terus berkurang setiap kali menstruasi.

Untuk itu, sebelum usia menua, sebaiknya biasakan pola hidup sehat tiap harinya. Pilih makanan sehat, hindari rokok dan stres, serta jaga berat badan ideal untuk mencegah masalah kesuburan wanita terjadi sebelum masa menopause. (dfr)

Share This Article