Atasi Cemburu Berlebihan dengan 4 Cara Sehat Ini | Breaktime
Atasi Cemburu Berlebihan dengan 4 Cara Sehat Ini
10.02.2016

Katanya, sih, cemburu merupakan bagian dari kasih sayang, tapi kalau berlebihan pasangan mana yang tidak kabur? Nah, bagi B’timers yang sering cek-cok dengan pasangan Anda karena cemburu yang seringkali menguras hati dan perasaan, maka Anda harus belajar untuk mengendalikan cemburu dengan cara yang pas sesuai takaran.

Pahami alasan kecemburuan Anda

Sebelum B’timers melontarkan rengekan dan kecaman kepada pasangan Anda mengenai kecemburuan Anda, ada baiknya jika Anda menelaah dulu sebab dari terbakarnya hati Anda. Apakah beralasan kuat untuk mencaci maki pasangan dengan berbagai cercaan?

Jika kecemburuan B’timers hanya karena si dia menyapa orang lain atau sekedar mengucap halo pada kawan lama, maka sebaiknya Anda memendam kecemburuan Anda dalam-dalam. Dengan begitu pasangan Anda tidak terlalu merasa dikekang oleh kecemburuan tak beralasan Anda.

Atasi Cemburu Berlebihan dengan 4 Cara Sehat Ini | Breaktime
Who’s that girl that always send sweet message to you?

Belajarlah dari sejarah cemburu Anda

Masih ingat pertengkaran hebat antara Anda dengan pasangan akibat cemburu buta yang B’timers lontarkan padanya? Memang sungguh tidak mengenakkan bukan, bermusuhan dengan seseorang yang Anda cintai akibat sifat kekanakan Anda.

Seperti pepatah lama, jika Anda cemburu karena orang lain bisa bermain gitar, maka belajarlah bermain gitar. Jika Anda cemburu karena si dia berteman dekat dengan orang lain, maka berteman baiklah dengan temannya. Dengan begitu perlahan kecemburuan B’timers akan hilang seiring waktu.

Kendalikan emosi agar tetap stabil

Tentunya B’timers harus belajar untuk mengendalikan emosi dengan lebih baik. Jangan sampai perbuatan Anda dikendalikan emosi negatif yang berlebihan. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan bisa jadi salah satu alternatif mengontrol emosi.

Saat kondisi dan emosi Anda sudah stabil, bicaralah dengan baik-baik pada pasangan Anda. Ungkapkan alasan Anda cemburu dengan tidak berlebihan. B’timers bisa mengalihkan rasa cemburu Anda dengan bernyanyi lantang, shopping, atau berolahraga.

Atasi Cemburu Berlebihan dengan 4 Cara Sehat Ini | Breaktime
Komunikasi tanpa emosi merupakan kunci langgengnya suatu hubungan

Let it go, B’timers

Cemburu terkadang muncul tanpa terkendali dan tidak hanya menyebabkan Anda sakit hati, tetapi pasangan Anda juga tersakiti. Singkirkan jauh-jauh pikiran cemburu dengan tidak terlalu bergantung mencintai si dia.

Pikirkan bahwa selama masih bersifat positif, biarkan si dia dengan kegiatannya dan Anda dengan kegiatan Anda. Jangan membatasi dirinya dan diri Anda untuk tidak berkenalan dengan orang-orang baru yang mungkin membawa kesuksesan bagi B’timers dan pasangan.

Cemburu memang reaksi yang normal dimiliki oleh setiap manusia, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mengendalikannya. Berikan kadar cemburu yang pas dalam hubungan B’timers agar pasangan Anda tetap merasa disayangi oleh Anda dan tidak merasa terikat oleh sikap Anda. Have a pretty love-life, B’timers! (ft)

Share This Article