Apa Saja yang Perlu Dibahas Sebelum Menikah? | Breaktime
Apa Saja yang Perlu Dibahas Sebelum Menikah?
23.01.2016

Banyak orang yang menyebutkan, masa-masa sebelum menikah tidak hanya paling membahagiakan, namun juga masa paling sulit yang akan dihadapi calon pengantin. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut pesta pernikahan dan hari bahagia saat nanti ikatan suami istri antara kedua mempelai diresmikan.

Namun, daripada sekedar membahas persiapan pesta pernikahan yang hanya berlangsung sehari saja, lebih penting lagi jika Anda membahas hal-hal yang akan mempengaruhi kehidupan pernikahan selama Anda mengarungi rumah tangga dengan pasangan nanti. Inilah 5 hal penting yang harus Anda dan pasangan diskusikan dengan baik sebelum pernikahan:

  • Jumlah anak

Diskusikan dengan pasangan Anda kapan dan berapa jumlah anak yang diinginkan, benar-benar harus disepakati dengan baik. Perlu Anda ketahui, anak adalah hal yang besar yang perlu Anda pikirkan dengan serius dan tidak sekenanya. Apalagi jika Anda dan pasangan Anda sama-sama tipe orang yang tidak bisa meninggalkan kehidupan karier demi anak.

Apa Saja yang Perlu Dibahas Sebelum Menikah? | Breaktime
Anak adalah hal terpenting yang harus Anda bicarakan dengan calon pasangan
  • Bagaimana Anda membesarkan anak

Setelah membicarakan jumlah anak dan sudah disepakati, selanjutnya pikirkan bagaimana Anda akan membesarkan anak Anda. Anda dan pasangan Anda harus benar-benar menjadi tim yang solid dan kompak untuk membesarkan dan mengasuh anak Anda. Pembicaraan masalah anak sebelum pernikahan akan mengurangi perselisihan pendapat setelah menikah.

  • Tempat atau lokasi

Tempat atau lokasi di mana Anda dan pasangan ingin tinggal juga harus dibahas. Mungkin Anda ingin tinggal di tempat yang berbeda ketika menjadi pengantin baru, memiliki anak dan menghadapi masa tua. Hal itu sebaiknya didiskusikan lebih awal dengan pasangan Anda.

  • Tujuan hidup

Selain membahas tujuan hidup Anda dengan pasangan, Anda juga perlu membahas tujuan hidup Anda sendiri. Bicarakan agar nantinya tak ada ketimpangan antara menjadi seorang istri atau suami dan menjadi diri sendiri. Namun, ingat bahwa tujuan hidup Anda juga mempengaruhi kehidupan rumah tangga Anda. Jadi, pertimbangkan dan bicarakan dengan matang.

Apa Saja yang Perlu Dibahas Sebelum Menikah? | Breaktime
Jangan sampai masalah keuangan menimbulkan pertengkaran
  • Keuangan

Ini sangat penting dan tak boleh dianggap enteng. Pasalnya, masalah uang sudah tak asing lagi menjadi hal yang bisa merusak pernikahan. Bicarakan dengan pasangan bagaimana mengatur keuangan. Apakah akan mengatur uang masing-masing atau bersama. Jika memilih pengaturan terpisah, jangan lupa sisihkan uang bersama untuk kebutuhan bersama.

Dengan membahas kelima hal di atas, kehidupan Anda dan pasangan akan lebih tenang setelah pernikahan. Setidaknya hal-hal paling pokok dalam rumah tangga sudah Anda sepakati dengan baik yang nantinya menghindarkan Anda dari perselesihan dan perbedaan pendapat. So, have a nice discussion, B’timers! (nap)

Share This Article