Alasan Tidak Dibenarkannya Budaya Kumpul Kebo | Breaktime
Alasan Tidak Dibenarkannya Budaya Kumpul Kebo
06.03.2016

John and Sally sitting in a tree

K-I-S-S-I-N-G

First comes love,

Then comes marriage

Then comes Sally with a baby carriage

Mungkin Anda pernah mendengar sajak anak-anak sekolah dasar di atas, B’timers? Biasanya dilagukan untuk mengejek teman sekolah, atau mungkin Anda suka menyanyikannya untuk mengganggu adik perempuan Anda di rumah? Sementara muncul banyak pro dan kontra mengenai budaya kumpul kebo, berikut alasan mengapa Anda tidak boleh tinggal bersama pasangan jika belum menikah dalam satu rumah, B’timers.

  • Mengirimkan pesan pernikahan tidak penting

Sebaian besar pasangan dalam budaya kumpul kebo mengaku melakukan hal tersebut untuk meminimalisir resiko perceraian seandainya mereka menikah nanti. Namun, ketika pasangan yang belum menikah tinggal bersama, itu menunjukkan bahwa masa depan atau pernikahan tidak cukup berharga bagi mereka, sehingga tidak layak diperjuangkan.

Alasan Tidak Dibenarkannya Budaya Kumpul Kebo | Breaktime
Pernikahan merupakan prosesi sakral
  • Mengurangi arti lamaran yang bersejarah

Ya, lamaran pernikahan. Sejak lama Anda pasti menjadi salah satu orang yang menganggap lamaran haruslah dilakukan sesempurna dan seromantis mungkin. Bayangkan saja, B’timers, Anda sudah cukup lama tinggal bersama pasangan sebelum menikah, lalu ketika tiba waktunya untuk melamar, rasanya akan sedikit hampa dan tidak terlalu berkesan.

  • Membatasi pilihan Anda

Sebagian besar pasangan berpegang teguh pada pendirian, mereka tidak akan pergi berkencan dengan seseorang yang tidak ingin mereka nikahi. Ketika Anda memutuskan untuk tinggal serumah dengan lawan jenis, artinya Anda sudah kehilangan kesempatan untuk bertemu dengan pria atau wanita impian Anda, B’timers. Karena tentunya orang lain akan berpikir ulang untuk mendekati Anda, bukan?

  • Memberi dampak negatif pada anak

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa anak-anak dari pasangan yang melakukan budaya kumpul kebo tidak akan memiliki jaminan yang cukup baik dalam hal kesehatan dan pendidikan. Hal ini disebabkan karena adanya ketidakstabilan dalam hubungan antara anggota keluarga dan juga keadaan finansial dari keluarga tersebut, B’timers.

Alasan Tidak Dibenarkannya Budaya Kumpul Kebo | Breaktime
Anak merupakan anugerah dalam sebuah pernikahan

Dan sebenarnya jika kita mau melihat ke dalam ajaran dari kepercayaan-kepercayaan agama yang ada, budaya kumpul kebo ini sangat dilarang, lho, B’timers, karena tidak memiliki keuntungan sama sekali. Jadi mengapa harus meniru budaya yang tidak sesuai dengan nilai negara kita. Lalu menurut Anda sendiri bagaimana menyikapi hal seperti ini? (NO)

Share This Article