Larangan untuk Usir Rasa Was-Was dalam Hubungan | Breaktime
7 Larangan untuk Usir Rasa Was-Was dalam Hubungan
20.03.2016

Dalam hubungan, B’timers mungkin pernah menemukan hal-hal yang membuat gelisah. Anda berpendapat bahwa perasaan was-was tersebut datang tanpa alasan. Sebenarnya bukan demikian, lho! Perasaan gelisah yang dirasakan dalam hubungan bisa saja terjadi karena hal-hal kecil yang tanpa disadari sering Anda lakukan. Jika Anda ingin menghilangkan perasaan tidak menyenangkan tersebut, ini 7 larangan yang harus Anda patuhi!

Berhenti egois

Jangan egois, B’timers. Berhentilah menekan pasangan dengan apa yang Anda inginkan. Jangan selalu mempermasalahkan saat pasangan salah bicara. Terobsesi dengan makna tersirat di setiap ucapan pasangan juga akan membuat Anda selalu gelisah. Apalagi jika sampai mencaci-maki pasangan karena ia terlalu tenang. Oh, ya, berhentilah menanyakan perasaan di setiap percakapan juga, ya!

Berhenti menyalahkan diri sendiri

Jangan sedikit-sedikit merasa bersalah akan hal yang terjadi dalam hubungan! Jadilah orang yang  bisa mengontrol pikiran dan membawa hal-hal positif di dalamnya. Jika tidak, pasangan Anda mungkin justru malah jengah dan berniat meninggalkan Anda, lho!

Larangan untuk Usir Rasa Was-Was dalam Hubungan | Breaktime
Menyalahkan diri sendiri juga menyakiti pasangan

Berhenti mengungkit masalah

Seberat apapun masalah yang terjadi dalam hubungan, jangan pernah mengungkit hal-hal yang telah lalu. Itu justru akan membuat Anda selalu kepikiran. Jangankan diungkapkan, Anda bahkan harus mengusir perkara tersebut dari ingatan, B’timers!

Berhenti berbicara benar dan salah

Semua orang tidak senang dituduh melakukan hal yang bukan salahnya. Namun jika ini terjadi dalam hubungan, Anda tidak perlu ngotot untuk membuktikan Anda tidak bersalah. Sebaliknya, saat masalah terjadi karena pasangan, jangan langsung menunjuk jari dan menyalahkannya. Dekati pasangan dengan kasih sayang dan pengertian untuk menyelesaikan masalah.

Larangan untuk Usir Rasa Was-Was dalam Hubungan | Breaktime
Menuding pasangan adalah tindakan buruk

Berhenti perasaan paranoid

Salah satu cara untuk menghindari perasaan ini adalah dengan menghindari godaan untuk mengecek ponsel, pesan Facebook, akun email atau jejaring sosial lain milik pasangan. Memang Anda akan lega dengan tahu apa yang dilakukan pasangan di dunia maya. Namun percayalah, itu akan membuat perasaan was-was Anda semakin luar biasa. Jadi intinya, jangan parno!

Berhenti membawa hal yang tidak nyaman dalam percakapan

Menghadapi masalah bukan berarti harus selalu membahasnya di setiap pembicaraan. Berilah jeda untuk diri sendiri dan pasangan, tentunya. Membawa hal buruk dalam percakapan akan membangkitkan perasaan tidak nyaman dan tidak tenang. Jadi, Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Berhenti bergantung

Jadilah orang yang mandiri dalam hubungan. Meski Anda memang selalu membutuhkannya di samping Anda, namun hilangkan pikiran “Aku tak bisa hidup tanpanya”. Singkatnya, jangan biarkan diri Andaselalu tergantung terhadap pasangan.

Jadi, B’timers sudah tahu cara mengatasi perasaan gelisah dalam hubungan, Bukan? Semoga informasi dan tips di atas bermanfaat untuk Anda, ya! (nap)

Share This Article