Alasan Umum namun Rahasia Seseorang Hindari Seks | Breaktime
7 Alasan Umum namun Rahasia Seseorang Hindari Seks
14.04.2016

Aktivitas seksual memang menjadi salah satu cara untuk meraih kebahagiaan serta mendekatkan diri dengan pasangan. Namun, tak sedikit pula orang yang menolak berhubungan intim karena hal-hal tertentu. Meski masalah ini sangat umum terjadi, namun penyebabnya bisa sangat rahasia. Untuk itu, cari tahu yuk, kenapa seseorang hindari seks?

Takut gagal

Selain kesenangan, kepuasan juga menjadi daya tarik tersendiri aktivitas seksual. Oleh karena itu, seringkali seseorang menghindari seks karena merasa takut gagal memuaskan pasangannya. Meski dapat terjadi pada pria ataupun wanita, namun wanita lebih pandai menyembunyikan dan mengatasinya.

Takut kehilangan

Beberapa orang merasa sangat takut kehilangan pasangannya. Akibatnya, mereka akan mencoba sekuat tenaga untuk memuaskan pasangan dan mengabaikan kepuasan dirinya. Jika terus-menerus terjadi, pusat rasa takut di otak akan diaktifkan dan dapat mengakibatkan seseorang tak tertarik lagi pada seks.

Alasan Umum namun Rahasia Seseorang Hindari Seks | Breaktime
Terdapat banyak alasan seseorang menghindari seks

Takut keintiman

Tak semua orang bisa menjadi dekat atau intim baik intim secara fisik ataupun emosional. Beberapa orang merasa harus menghindari seks karena mereka tak mimiliki keintiman emosional yang juga sangat dibutuhkan untuk mendukung keintiman fisik.

Takut penolakan

Hingga saat ini, tak sedikit orang-orang yang sangat memperhatikan pandangan masyarakat atas dirinya. Begitu pula dalam hal memilih pasangan. Tak sedikit orang yang menghindari seks dan menolak seseorang yang sebenarnya disukainya hanya karena takut akan penolakan oleh masyarakat.

Takut tanggung jawab

Ketakutan ini, sebenarnya bisa dibilang cukup rumit. Orang dengan ketakutan jenis ini akan menghindari seks karena merasa memiliki tanggung jawab untuk memuaskan pasangannya. Akibatnya, mereka akan menganggap bahwa aktivitas seksual merupakan suatu hal yang menakutkan.

Alasan Umum namun Rahasia Seseorang Hindari Seks | Breaktime
Perasaan takut mengecewakan juga bisa menjadi alasan

Takut mengecewakan

Masih berhubungan dengan jenis ketakutan sebelumnya, menghindari seks karena takut mengecewakan dapat terjadi karena seseorang merasa terbebani ketika harus membuat pasangannya puas. Padahal, ini hanyalah ketakutan dari dalam dirinya, bukan dari pendapat pasangan mereka.

Takut ‘kematian’

Terdengar tak masuk akal, bukan? Tapi tahukah Anda bahwa seks merupakan sebuah kematian kecil. Orgasme sering kali dianggap sebagai metafora dari rasa takut akan kematian. Jika terus berulang, otak akan merekamnya di bawah sadar dan menganggap seks sebagai kematian yang menakutkan.

Masalah ini, sebenarnya berasal dari dalam diri. Untuk mengatasinya pun dibutuhkan kepercayaan diri yang tinggi. Bahkan, dengan bantuan ahli pun, dibutuhkan waktu yang tak sebentar untuk mengetahui penyebab dan mengatasinya dengan tepat. Segera cari bantuan profesional jika B’timers ataupun pasangan mengalaminya, ya. (dfr)

Share This Article