6 Cara Putuskan Hubungan Tanpa Menyakiti | Breaktime
6 Cara Putuskan Hubungan Tanpa Menyakiti
20.10.2015

Tentu tak ada yang ingin hubungan percintaannya hancur berkeping-keping. Namun ketika tidak ada lagi alasan untuk saling mempertahankan, apa lagi yang bisa dilakukan selain mengakhiri hubungan? Pahamilah B’timers, pergi tidak selalu menyakitkan dan tinggal tidak selalu menyenangkan. Jika berpisah adalah sebuah keputusan bulat yang harus dilakukan, bukan berarti harus meninggalkan luka, bukan?

Nah, bagi Anda yang ingin mengakhiri hubungan yang selama ini dibina, berikut ini cara baik-baik yang bisa dilakukan.

Katakan sejujurnya

6 Cara Putuskan Hubungan Tanpa Menyakiti | Breaktime
Jujurlah pada dia alasan yang sebenarnya kenapa ingin putus

Ketika akan mengakhiri semuanya, hal yang patut Anda lakukan adalah jujurlah pada sendiri ataupun pasangan. Katakan alasan yang melatarbelakangi Anda ingin putus dengannnya. Katakanlah dengan hati-hati dengan diksi yang tepat dan jangan menambahkan luka yang lebih kepadanya. Katakan apa yang sebenarnya Anda rasakan selama ini dengan sejujur-jujurnya. Hal ini bisa digunakan untuk introspeksi diri masing-masing agar bisa lebih baik lagi dihubungan baru kelak.

Pilih waktu yang tepat

6 Cara Putuskan Hubungan Tanpa Menyakiti | Breaktime
Pilihlah waktu yang tepat agar semuanya bisa lancar

Saat salah satu kerabatnya baru saja meninggal dan dia menangis di pundak Anda, tentu ini bukan momen yang tepat untuk mengungkapkan niat putus. Salah satu cara yang baik untuk putus adalah mencari timing yang tepat. Jadi, pastikan dia dalam keadaan stabil, dalam artian tidak ada masalah yang menerpa dan tidak mengalami kesedihan karena sesuatu.

Lakukan secara langsung

6 Cara Putuskan Hubungan Tanpa Menyakiti | Breaktime
Jangan lewat sosial media, lakukan secara face to face

Di zaman yang serba canggih dan modern, Anda memang jadi lebih mudah berkomunikasi dengan sosial media. Namun bukan berarti Anda bisa mengutarakan niat putus dengan cara ini. Jika melakukan hal ini, Anda akan dianggap tidak menghargai perasaan dia yang selama ini menemani dalam suka dan duka. Memutuskan lewat sosial media bisa saja menimbulkan tafsiran berbeda dari pasangan akan penyebab putus yang dilontarkan.

Pastikan Anda siap melakukannya

6 Cara Putuskan Hubungan Tanpa Menyakiti | Breaktime
Pikirkan semuanya baik-baik agar tidak ada penyesalan di kemudian hari

Jangan hanya karena marah sesaat, Anda memutuskan untuk mengakhiri hubungan yang dibina selama ini. Ketika Anda ingin mengungkapkan kata pisah, pikirkan baik-baik  dan pastikan tidak akan ada penyesalan. Pikirkan berkali-kali keputusan yang akan diambil, agar Anda tidak merengek-rengek memintanya kembali menjadi kekasih hati di kemudian hari.

Jangan bawa-bawa orang baru

6 Cara Putuskan Hubungan Tanpa Menyakiti | Breaktime
Membawa nama orang baru akan menyakiti perasaanya

Meskipun saat ini Anda memiliki orang lain yang mengisi hati, jangan pernah membawa namanya saat putus. Katakan saja tentang situasi yang sebenarnya alasan kenapa Anda meminta untuk berpisah, dan kenapa tidak mau lagi bersama dengannya. Jika dia tahu bahwa Anda sudah menjalin hubungan dengan yang baru dengan sangat cepatnya, kemungkinan besar patah hati yang diderita akan bertambah parah.

Persiapkan kemungkinan terburuk

Jangan lupa untuk mempersiapkan segala kemungkinan buruk yang terjadi
Jangan lupa untuk mempersiapkan segala kemungkinan buruk yang terjadi

Yang namanya berpisah tentu saja sangat sulit. Maka dari itu, jika Anda berniat untuk mengakhirinya, persiapkan diri untuk hal yang paling buruk. Siapkan segalanya sampai matang untuk melewati kesulitan ini. Jadilah tangguh dan lewati semuanya secara bertahap.

Perpisahan memang menyakitkan ya, B’timers. Namun, yakinlah setelah badai besar yang datang menghadang akan ada pelangi yang bersinar cerah di dalam kehidupan Anda. Jangan pernah berhenti berusaha dan menemukan dia yang lebih istimewa di masa depan.

Share This Article