Tipe Komunikasi dalam Hubungan, Anda yang Mana? | Breaktime
5 Tipe Komunikasi dalam Hubungan, Anda yang Mana?
11.03.2016
“The most important thing in communication is to hear what isn’t being said.” – Anonymous

Komunikasi merupakan salah satu cara manusia untuk saling memahami satu dengan yang lain. Begitu pula dalam sebuah hubungan, komunikasi merupakan hal yang amat penting. Namun, dari kelima tipe komunikasi ini, mana yang paling sering Anda gunakan?

Optical

Sesuai namanya, komunikasi jenis ini mengutamakan pandangan mata atau melihat. Anda akan menilai seseorang lebih kepada penampilannya, seperti gaya berbusana, gaya rambut, ataupun ekspresi wajah yang mereka buat. Bisa dibilang, komunikasi jenis ini merupakan komunikasi pertama yang dilakukan seseorang terhadap lawan bicaranya.

Tipe Komunikasi dalam Hubungan, Anda yang Mana? | Breaktime
Ekspresi dan emosi juga merupakan bentuk komunikasi

Auditory

Dari kelima jenis komunikasi, auditory atau mendengarkan merupakan salah satu yang paling penting. Sayangnya tak semua orang memiliki kemampuan ini. Ya, kemampuan mendengarkan apa yang ingin disampaikan orang lain, akan membuat mereka lebih nyaman berbicara dengan Anda. Anda pun dapat memberikan respon terbaik jika memiliki kemampuan komunikasi auditory.

Emosional

Komunikasi emosional lebih mengutamakan reaksi terhadap pembicaraan orang lain. Hal ini pula lah yang mendasari adanya berbagai emoji dalam aplikasi chatting dan sosial media. Dalam suatu hubungan, komunikasi emosional merupakan hal penting yang harus Anda pahami, karena tak semuanya dapat tersampaikan hanya melalui kata-kata.

Tipe Komunikasi dalam Hubungan, Anda yang Mana? | Breaktime
Menganggkat bahu bisa diartikan sebagai ketidaktahuan

Non-verbal

Dalam keseharian, Anda tentu sering menggunakan komunikasi jenis ini, seperti mengangguk untuk mengatakan iya, menggeleng untuk tidak, ataupun menganggkat bahu untuk menyampaikan ketidaktahuan. Selain hal-hal tersebut, bahkan senyuman, nada suara, intonasi, dan posisi tubuh ketika berbicara juga merupakan jenis-jenis komunikasi yang disampaikan tanpa ucapan.

Verbal

Semua orang sudah tahu dan sudah biasa menggunakan komunikasi verbal berupa kalimat, frase, dan dialog dalam, kehidupan sehari-hari. Namun, meski diucapkan menggunakan kata-kata, komunikasi verbal merupakan komunikasi yang paling sering disalah pahami. Oleh karena itu, dalam melakukan komunikasi verbal, B’timers juga harus menerapkan jenis-jenis komunikasi lainnya. Meski terlihat paling mudah, namun komunikasi verbal merupakan jenis komunikasi yang paling rumit.

Bukan hal mudah memang untuk menyampaikan apa yang Anda rasakan dan membuat orang lain mengerti. Namun, dengan komunikasi yang baik dengan perpaduan ekspresi, reaksi, dan mendengarkan, merupakan cara terbaik untuk saling mengerti. (dfr)

Share This Article