5 Cara Tepat Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak | Breaktime
5 Cara Tepat Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak
02.04.2016

Para orang tua tentu khawatir anaknya mendapatkan pengetahuan yang salah tentang seks. Apalagi hingga terjerumus pada sesuatu yang bukan tempatnya. Itulah kenapa, diterima atau tidak, pendidikan seks untuk anak itu juga perlu. Lantas, bagaimana cara kenalkan pendidikan seks pada anak? Berikut tipsnya.

Jauhkan dari alat elektronik sebelum diperlukan

Kemampuan anak untuk mengakses informasi tentang seks hanya dengan sekali klik. Kontrol orang tua lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika memang Anda mengajarkan internet pada anak lebih dini, pilih aplikasi yang memungkinkan Anda untuk lebih spesifik menyaring konten online anak-anak.

Ada lho, beberapa browser yang memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan berdasarkan usia sehingga Anda dapat menyesuaikan apa saja yang boleh dilihat anak-anak.

5 Cara Tepat Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak | Breaktime
Saring yang boleh dilihat anak di internet

Pilih istilah yang tepat

Tugas Anda adalah memberikan jawaban untuk rasa ingin tahu anak-anak namun menyediakan jawaban yang sesuai dengan usianya. Misalnya, Anda harus memiliki jawaban yang tepat untuk mendefinisikan kata “seksi” yang ditanyakan anak.

Anda juga harus tahu apakah pertanyaan tersebut berhubungan dengan seks. Gunakan istilah yang tepat untuk menjawabnya dan kemudian simpulkan obrolan agar ia semakin puas dengan jawaban yang diberikan.

Dengarkan baik-baik pertanyaan anak

Ketika percakapan tentang seks dimulai, pertanyaan anak Anda akan semakin berat. Tak peduli seberapa besar rasa tidak nyaman Anda, lakukan yang terbaik untuk menyembunyikan perasaan tersebut.

Jika Anda merasa perlu waktu untuk memberi jawaban, katakan pada buah hati untuk menunggu dalam waktu singkat. Percayalah, jika mereka tidak puas dengan jawaban Anda, maka mereka akan bertanya pada orang lain.

5 Cara Tepat Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak | Breaktime
Tutupi rasa canggung Anda demi anak

Ikuti perkembangan buah hati

Saat anak-anak memasuki usia antara 9 dan 13 tahun, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh mereka. Karena merasa berbeda, mereka menjadi penasaran tentang hal-hal yang tersebut dan kemudian bertanya. Lalu, bagaimana sebaiknya cara kenalkan pendidikan seks pada anak?

Berikan jawaban seperlunya saja dan sebisa mungkin alihkan pembicaraan tentang membahas tubuhnya. Lebih baik jika Anda membelikan sebuah buku tentang pengetahuan tubuh dan mendampinginya saat membaca.

Miliki komunikasi yang terbuka

Hal ini mungkin tampak sepele, tetapi menjaga percakapan tetap terbuka akan memudahkan anak untuk berbagi. Hilangkan rasa canggung dengan kebijaksanaan yang Anda miliki sebagai orang tua. Bagaimanapun, Anda tidak boleh membiarkannya pergi tanpa jawaban hingga memilih bertanya pada orang lain yang kurang tepat.

Well, berbicara dengan anak tentang seks mungkin tampak luar biasa, tapi itulah sesuatu yang pasti dihadapi oleh setiap orang tua. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, Anda akan mudah dalam memberikan informasi penting pada anak Anda tentang pengetahuan seks yang memang perlu. Semoga cara kenalkan pendidikan seks pada anak  tadi bermanfaat, ya! (nap)

Share This Article