5 Cara Mengagumkan Cinta Mengubah Otak Seseorang | Breaktime
5 Cara Mengagumkan Cinta Mengubah Otak Seseorang
11.02.2016

Apa itu cinta? Apakah menurut Anda cinta adalah sebuah perasaan, B'timers? Bahkan para penyair dan orang-orang pintar di dunia tidak bisa menggambarkan cinta secara utuh seperti apa. Karena, cinta adalah gabungan dari banyak hal yang diwujudkan dalam berbagai bentuk.

Cinta memiliki efek yang besar pada seseorang. Bahkan selain rasa takut, cinta adalah motivator yang kuat untuk seseorang melakukan perubahan besar. Oleh karena itu, banyak orang yang merasa menjadi lebih kuat ketika memiliki cinta pada dirinya. Tapi, pernahkah Anda bertanya, bagaimana cinta bisa mengubah jalan pikiran seseorang sedemikian rupa? Berikut penjelasannya :

1. Merasa kecanduan

Pernahkah Anda mendengar cinta membuat kecanduan? Ya, itu memang benar adanya B'timers. Sama halnya ketika seseorang menggunakan narkotika, hormon dopamin yang bertugas memberikan perasaan senang, tenang, dan bahagia kepada seseorang akan diproduksi lebih banyak. Hal ini terjadi ketika Anda bertemu dengan kekasih. Itulah mengapa Anda merasa senang sekali atau bahkan bahagia meskipun hal tersebut sebenarnya sesuatu yang sangat sederhana.

2. Berpikir dari dua sisi

Ketika seseorang sudah merasa jatuh cinta, dunianya bukan hanya tentang aku, aku dan aku saja. Ya, memang benar adanya, B'timers. Saat seseorang jatuh cinta, ia akan mulai berpikir apa yang sedang dipikirkan pasangan tentang sikap Anda, pemberian Anda, atau momen bersama. Sadar atau tidak, hal ini sudah mengubah jalan pikiran Anda bisa menjadi lebih baik atau bahkan lebih buruk.

5 Cara Mengagumkan Cinta Mengubah Otak Seseorang | Breaktime
Cinta bisa menjadi motivasi yang sangat kuat

3. "Menyehatkan" diri

Berdasarkan sejumlah studi tentang kesehatan, mereka yang jatuh cinta akan memiliki umur lebih panjang dan jantungnya lebih sehat. Bagaimana itu bisa terjadi? Ya, ini disebabkan karena cinta mampu membuat orang lebih senang, berpikir lebih luas, dan jalan pikirannya selalu positif. Meski demikian, cinta juga bisa membawa kesedihan. Seperti pedang bermata dua, pokok dari poin ini adalah cinta membuat Anda lebih bijaksana.

4. Pelawan stres

Cinta juga merupakan pereda stres ampuh yang mampu membuat seseorang melewati masa stres dengan mudah. Otak setidaknya butuh waktu 1-3 hari untuk kembali normal pasca stres menghadang apabila de-stress yang dilakukan hanya seorang diri. Namun, dengan cinta Anda bisa melewati masa stres dalam waktu 15 detik saja.

5. Merasa aman

Baik pria atau wanita ketika merasa jatuh cinta akan merasa dirinya lebih aman. Aman di sini bukan tertuju pada keamanan, melainkan jaminan dari rasa takut akan masa depan atau hal-hal yang melemahkan. Anda akan terbebas begitu saja dari semua rasa takut ini karena Anda dan pasangan saling memotivasi dan menguatkan.

Kelima hal tersebut terjadi secara nyata di otak dan ingatan Anda ketika jatuh cinta, B'timers. Menarik, bukan? (wsu)

Share This Article