5 Alasan Kenapa Anda Tak Boleh Mudah Jatuh Cinta | Breaktime
5 Alasan Kenapa Anda Tak Boleh Mudah Jatuh Cinta
21.01.2016

Cinta memang datang tanpa permisi pada siapa saja yang diinginkan. Kita sebagai manusia memang tak tahu kapan cinta mulai menyapa, namun kita tetap berhak menerimanya atau menolaknya. Memang tidak ada yang salah dengan jatuh cinta, hanya saja cepat jatuh cinta agaknya kurang tepat dilakukan. Akan lebih baik jika Anda tidak buru-buru menanggapi cinta.

Pertimbangkan baik-buruknya sebelum Anda terlanjut terjebak dalam masalah rumit. Jatuh cinta terlalu mudah tidak hanya akan membahayakan perasaan Anda di kemudian hari, namun ada sejumlah alasan yang lebih penting daripada tentang perasaan Anda. Berikut 5 alasan mengapa Anda tak boleh mudah merasa jatuh cinta.

  • Membuat diri tidak stabil

Anda perlu tahu bahwa hubungan yang terjalin dengan cepat juga akan berakhir dengan cepat. Mudah jatuh cinta dan menerima cinta hanya akan membuat hubungan tidak stabil. Selain itu, jatuh cinta terlalu cepat juga bisa membiasakan diri Anda untuk menjadi pribadi yang labil; mudah menerima dan mudah melepaskan. Jadi pikirlah lagi matang-matang sebelum menjawab sapaan cinta yang datang.

5 Alasan Kenapa Anda Tak Boleh Mudah Jatuh Cinta | Breaktime
Membuat Anda menjadi pribadi yang labil
  • Menunjukkan bahwa Anda kurang selektif

Jika Anda memiliki standar pasangan yang tinggi, Anda akan lebih selektif dan pilih-pilih. Tak peduli penampilan menawan dan harta yang berlimpah, dia harus memenuhi standar kualitas Anda. Sebaliknya, Anda yang mudah jatuh cinta dan menerima cinta terlalu cepat menunjukkan bahwa Anda kurang banyak pertimbangan. Mumpung ada yang mendekati, terima saja. Itu tidak tepat, B’timers.

  • Melukai harga diri Anda

Jatuh cinta terlalu cepat bisa melukai harga diri Anda, B’timers! Apalagi jika hubungan tidak berjalan baik. Anda akan mulai menyadari bahwa menerima begitu saja saat jatuh cinta, hanya akan membuat Anda dipandang remeh dan direndahkan oleh orang yang Anda cintai. Jadi, pikir dua kali, ya!

  • Mengganggu kesehatan psikologis

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, mudah jatuh cinta juga akan membuat Anda mudah terluka dan selalu merasa kesepian. Sedangkan perasaan yang mudah terluka akan mengganggu kesehatan psikologis yang bisa membuat Anda terjangkit rasa trauma karena kejadian tertentu atau Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

5 Alasan Kenapa Anda Tak Boleh Mudah Jatuh Cinta | Breaktime
Menimbulkan rasa trauma yang tinggi jika terluka
  • Menunjukkan bahwa Anda tidak bisa bahagia tanpa pasangan

Mudah jatuh cinta juga hanya akan membuat Anda terlihat tidak bahagia tanpa pasangan. Anda juga akan terlihat sebagai orang yang selalu bergantung dan tak bisa mengerjakan apapun seorang diri. Jika tak ingin dianggap demikian, kendalikan diri untuk tidak mudah jatuh cinta.

Ternyata mudah jatuh cinta tak hanya berimbas buruk pada perasaan, bukan? Ada banyak hal yang patut Anda lindungi. Jangan biarkan kedatangan orang baru yang belum sepenuhnya Anda kenal merusak kehidupan Anda. Hati-hatilah, B’timers! (nap)

Share This Article