4 Tips Jitu Sudahi Pertengkaran dengan Dewasa | Breaktime
4 Tips Jitu Sudahi Pertengkaran dengan Dewasa dan Bijaksana
13.01.2016

Pertengkaran pada sebuah hubungan adalah hal yang biasa terjadi. Terkadang, pertengkaran adalah salah satu cara agar hubungan kembali menghangat. Seperti api, pertengkaran juga bisa menyebabkan hubungan berakhir, B'timers. Yang menyebabkan hubungan berakhir saat terjadi pertengkaran adalah cara menyikapi pertengkaran tersebut.

Cara yang salah hanya akan membuat permasalahan tersebut bertambah besar dan menyambung pada hal-hal di luar topik. Inilah yang membuat pertengkaran menjadi semakin keruh dan ketika hal tersebut tidak bisa diatasi, perpisahan pun tak terelakkan. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa melakukan hal hal berikut :

4 Tips Jitu Sudahi Pertengkaran dengan Dewasa | Breaktime
Emosi bisa membuat pertengkaran menjadi semakin memanas B'timers

1. Hadapi diri Anda sendiri

Hal pertama yang perlu Anda khawatirkan sebenarnya adalah diri Anda sendiri. Saat seseorang dikendalikan emosi, apapun yang ia keluarkan dari mulutnya adalah hal yang belum dipikirkan masak-masak. Langkah pertama ketika terjadi pertengkaran adalah tenangkan diri dan mintalah kepada pasangan untuk tidak menghubungi Anda sementara waktu.

2. Atasi situasi yang terjadi

Langkah selanjutnya adalah berkompromi pada situasi. Pasca Anda menyendiri, emosi yang menggebu-gebu hanya berkurang, bukan menghilang. Ini tidak salah B'timers, justru ini bagus karena Anda tidak kehilangan keberanian untuk menyatakan isi hati. Namun, perlu Anda batasi emosi Anda dan mulailah mendengar cerita dari pasangan. Saat Anda sudah melakukan hal tersebut, jiwa Anda akan menjadi lebih bijaksana.

3. Bicarakan dan temukan jalan keluar bersama

Setelah mendengar dan memberikan cerita dari masing-masing individu, mulailah berdiskusi untuk mencari jalan keluar. Putuskan secara adil dan bijak, jangan memilih keputusan yang menguntungkan satu pihak saja. Bagaimanapun juga keputusan Anda akan menentukan tindakan Anda selanjutnya.

4. Lakukan yang terbaik untuk Anda dan dia

Terapkan apa yang sudah Anda dan pasangan pilih. Buatlah janji untuk tidak melanggar apapun yang sudah dipilih saat berdiskusi sebelumnya. Setelah itu tunjukkan keseriusan Anda dalam menepati janji. Apabila hal ini sudah Anda lakukan maka pasangan akan menjadi lebih hormat kepada Anda.

Keempat hal tersebut akan membantu Anda ketika menyelesaikan pertengkaran dengan pasangan. Yang terpenting dari semua itu adalah kesabaran serta perasaan ingat bahwa yang sedang Anda ajak bicara adalah orang yang B’timers cintai. | WSU

Share This Article