Perhatikan ini Sebelum Melakukan Penikahan Beda Budaya | Breaktime
4 Hal yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Lakukan Pernikahan Beda Budaya
17.08.2015

Begitulah cinta, datangnya tidak pernah diduga. Cinta akan membuat orang berani menerjang berbagai hambatan yang datang. Seperti yang dilakukan oleh Bayu Kumbara dan Jennifer Brocklehur, mereka berani memperjuangkan cintanya meski banyak cemoohan yang datang.

Nah, buat B’timers yang sedang menjalin kasih dengan seseorang yang berbeda budaya, simak dulu beberapa hal penting berikut ini:

Pahami bahasanya dengan baik

Jangan sampai bertengkar karena perbedaan bahasa
Jangan sampai bertengkar karena perbedaan bahasa

Bahasa merupakan alat komunikasi. Jadi, penting sekali untuk saling memahami bahasa satu sama lain. Tidak hanya berlaku untuk pasangan berbeda negara, pasangan berbeda kota dan suku juga perlu lho, memperhatikan hal ini. Anda juga perlu menguasai bahasa daerah calon pasangan untuk menciptakan komunikasi yang lebih luwes dengan keluarga besarnya.

Pelajari budaya masing-masing

Beda daerah beda pula budayanya. Jangankan pasangan dari lain negara, pasangan yang sama-sama tinggal di Indonesia pun pasti memiliki perbedaan kebiasaan dan budaya. Tak perlu mengubah apa yang selama ini Anda yakini. Yang terpenting, Anda dan pasangan saling memahami dan menghargai budaya masing-masing.

Lebih bersifat terbuka

Kalau Anda memutuskan untuk menjalin hubungan dengan orang yang berbeda budaya, maka Anda juga harus mempersiapkan diri dengan segala perbedaan yang ada. Sikapilah secara bijak dengan pikiran yang terbuka.

Teruslah belajar

Menikah bukan perkara satu atau dua hari saja, melainkan urusan seumur hidup. Oleh sebab itu, jangan segan untuk terus belajar saat menikahi mereka dari budaya yang berbeda. Dengan terus mempelajari budaya, bahasa, dan kebiasaannya, Anda akan semakin mengenal pasangan dengan baik.

Jangan jadikan perbedaan budaya sebagai penghalang. Justru, jadikan perbedaan tersebut sebagai perekat kebahagiaan Anda dan pasangan!

Share This Article