Hal Penting Sebelum Melakukan Seks Pasca Operasi | Breaktime
4 Hal Penting Sebelum Melakukan Seks Pasca Operasi
31.01.2016

Hubungan suami istri di ranjang merupakan kegiatan perbaikan mood, atau menghilangkan stress. Hal ini disebabkan karena ketika melakukan seks dengan pasangan hormon kebahagiaan akan diproduksi lebih banyak. Efeknya, seseorang akan merasa lebih tenang dan lebih bahagia setelah melakukan hal tersebut.

Namun, waktu melakukan hubungan seks juga harus diperhatikan. Seperti contoh, ketika selesai melahirkan Anda harus mengontrol waktu untuk melakukannya. Hal ini disebabkan karena setelah melahirkan seseorang setidaknya akn melakukan operasi kecil. Bagi Anda yang belum mengetahui hal penting tentang seks pasca operasi, berikut contohnya :

Hal Penting Sebelum Melakukan Seks Pasca Operasi | Breaktime
Setidaknya setelah hamil seorang wanita melakukan operasi kecil berupa jahitan

1. Persetujuan dokter

Lebih khususnya adalah dokter yang membantu pasangan Anda selama bersalin. Dokter akan memberikan saran terbaiknya untuk Anda dan keluarga karena mengetahui apa yang terjadi dengan pasangan seusai melahirkan. Mintalah saran kepada dokter apa saja yang harus diperhatikan seperti posisi dan lama jahitan mengering.

2. Tunggu masa nifas

Masa nifas atau disebut juga dengan masa pembersihan ini berkisar kurang lebih 4-6 minggu. Selama masa nifas, rahim seorang wanita akan melakukan pembuangan cairan tubuh dan pengembalian ukuran rahim menuju normal. Untuk mencegah terjadinya infeksi atau pendarahan dalam, sangat dianjurkan untuk menunggu masa nifas ini berakhir.

3. Tambahkan masa pemulihan

Meskipun masa nifas sudah selesai, pemulihan juga perlu dilakukan. Energi serta dampak kelelahan setelah melahirkan mungkin masih tersisa pada pasangan Anda. Berikan istirahat padanya kurang lebih 2-3 minggu tambahan agar pasangan Anda benar-benar fit kembali. Bagaimanapun juga, seks pasca operasi merupakan hal yang rentan. Jadi lebih baik Anad mengundurnya daripada terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Setelah hilang rasa nyeri

Setelah melakukan proses pemulihan, cobalah untuk bersenggama dengan pasangan. Namun Anda harus berhati-hati karena biasanya pasangan merasakan nyeri yang mungkin disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau bahkan obat. Apabila rasa nyeri ini mungul, sebaiknya Anda menghentikan hal tersebut dan menundanya. Lalu lakukan pengecekan ke dokter agar kesehatan pasangan terjaga.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda cermati ketika melakukan seks pasca operasi. Sayangi pasangan Anda dan berikan yang terbaik untuk keluarga dalam hal kesehatan agar keharmonisan rumah tangga tetap terjaga dan hati Anda lebih tenang. ( wsu )

Share This Article