Alasan Menjadi Jomblo Bukan Hal yang Menyedihkan | Breaktime
4 Alasan Kenapa Menjadi Jomblo Bukan Hal yang Menyedihkan
11.12.2015

“Malam minggu sendirian di rumah? Oh iya, kamu kan jomblo!” mungkin masih banyak lagi ucapan atau ungkapan seperti itu yang pernah B’timers dengar. Benarkah jadi jomblo atau sendirian tanpa pasangan itu menyedihkan?

Mungkin ada benarnya kalau dibilang sendirian itu tidak enak dan menyedihkan. Ketika sedang berkumpul dalam suatu reuni atau pergi bersama teman, Anda akan jadi sasaran ejekan karena tak punya gandengan.

Akan tetapi, menjadi seorang jomblo itu bukan hal yang patut terlalu dirisaukan, karena ada sisi positifnya juga, lho. Berikut beberapa manfaat jadi jomblo:

Lebih bahagia

Menurut penelitian dalam Journal of Psychophysiology di tahun 2014 silam, mengungkapkan bahwa seorang yang tidak memiliki pasangan cenderung lebih bahagia dan jauh dari stres atau depresi.

Hal itu dikarenakan tidak ada lagi yang mengintervensi urusan pribadi dan Anda dapat lebih dapat mencurahkan segala keinginan dan emosi setiap waktu. Anda juga bisa lebih fokus dalam hal yang sedang dirancang selama ini.

Alasan Menjadi Jomblo Bukan Hal yang Menyedihkan | Breaktime
Sendirian tak jadi alasan untuk bersedih

Lebih langsing

Bukan suatu hal yang mengada-ada jika seseorang telah merasa nyaman dengan pasangannya, maka secara tidak sadar tubuh akan menjadi lebih berisi dan cenderung gemuk dibandingkan ketika sendirian. Hal itu disebabkan karena setelah memiliki pasangan, maka seseorang yang dapat membuatnya bahagia, maka tidak ada yang perlu ditakutkan lagi, termasuk dalam hal berat badan.

Akan tetapi jika sedang sendirian, maka seseorang cenderung akan lebih menjaga penampilan untuk menarik lawan jenis dan tidak sedikit yang memiliki waktu untuk berolahraga agar tubuhnya dapat terbentuk secara bagus.

Lebih sukses

Ketika bersama dengan pasangan, secara tidak langsung bukan hanya dari sisi emosional saja, melainkan dalam segala sisi, Anda juga akan ‘membagi’ semuanya dengan pasangan, bukan? Nah ketika jomblo, maka B’timers dapat fokus untuk meniti karir atau mengerjakan sesuatu yang menghasilkan keuntungan tanpa memikirkan hal lain yang dapat menjadi distraction.

Lebih sehat

Menurut penelitian dari para pakar di Michigan State University tahun 2014 silam, seseorang yang memiliki pasangan cenderung mempunyai risiko mengalami serangan jantung. Hal itu disebabkan karena pertengakaran, ketidakcocokan ide atau bahkan ketika saat hubungan yang dijalin harus berakhir.

Sedangkan dari 1,000 pria dan wanita yang menjadi sukarelawan dan diteliti selama 5 tahun, terungkap bahwa di antara mereka yang tidak memiliki pasangan, selain kesehatannya lebih bagus, dari sisi mental dan jantungnya juga lebih unggul dari orang yang berpasangan.

Jadi, jangan risau kalau sampai sekarang Anda belum punya pasangan. Nikmati waktu yang Anda miliki sekarang sebelum nantinya mencurahkan perhatian untuk membahagiakan orang lain! (das)

Share This Article