Yuk, Ubah Dunia dengan Cara ini! | Breaktime
Yuk, Ubah Dunia dengan Cara ini!
21.02.2016
“Jangan tanyakan apa yang telah diberikan dunia kepada kita. Tapi tanyakanlah apa yang telah kita berikan pada dunia ini” – Anonim

Anda tentu kenal satu lagu Michael Jackson dan kawan-kawan yang berjudul Heal the World, kan, B’timers? Lagu ini sering diputar di setiap acara kemanusiaan dan memang memiliki arti yang begitu dalam. Coba perhatikan liriknya. Dan memang untuk mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik salah satunya adalah dimulai dari diri kita dahulu.

Semakin baik orang-orang yang tinggal di seluruh dunia, akan semakin baik juga dunia yang kita tempati ini. Namun ironisnya, banyak yang hanya berharap dunia akan berubah dan mereka tidak melakukan apapun. Sementara yang lain melakukan beberapa tindakan nyata. Lalu bagaimana caranya kita mengubah dunia ini, B’timers?

Don’t lie

Berbohong merupakan sebuah proses yang sangat rumit. Anda harus menjadi orang yang sangat lihai untuk mengatakan satu kebohongan di hadapan orang lain. Satu kebohongan kecil, akan menjadi ribuan kebohongan. Dan hal itu sangat mengerikan! Anda hanya perlu mengingat satu hal saja, B’timers, berbohong menunjukkan kerdilnya karakter seseorang, sehingga mereka tidak menghormati orang lain.

Tertawalah!

Memang tidak setiap hal di dunia ini bisa menjadi lelucon. Coba menemukan humor dalam hidup tidak akan merugikan siapapun, kok. Misalnya ketika tiba-tiba tersandung di hadapan banyak orang, lupakan apa yang muncul di pikiran orang lain. Tertawalah! Tertawa merupakan suatu karunia yang sangat berharga, lho, B’timers. Dengan tawa, kita mampu menambahkan sukacita untuk hidup orang lain.

Yuk, Ubah Dunia dengan Cara ini! | Breaktime
Tertawalah dan dunia akan semakin indah

Jangan berharap apapun

Anda mungkin sudah mendengar tidak ada satu pun di dunia yang bisa didapatkan secara gratis. Lakukan kebaikan pada orang lain. Misalnya bayarkan makan malam teman Anda, atau pinjamkan uang pada seseorang. Dan jangan pernah mengharapkan apapun. Jika mereka memberikan imbalan, itu anugerah. Jika tidak, setidaknya Anda sudah menambah satu sahabat dalam perjalanan ini, kan?

Be yourself

Memang terdengar sedikit berlebihan, B’timers. Tetapi, untuk apa berteman dengan seseorang yang sebenarnya tidak menyukai Anda seutuhnya? Jujurlah tentang siapa diri Anda pada semua orang yang Anda temui setiap hari. Dan pada akhirnya, akan Anda dapati sedikit teman tersisa. Dan merekalah yang benar-benar sejati dan tidak akan pernah meninggalkan Anda, bahkan di saat tersulit sekalipun.

Yuk, Ubah Dunia dengan Cara ini! | Breaktime
Tunjukkan siapa diri Anda pada siapapun

Hormati orang lain

Jangan remehkah orang lain. Bahkan mereka yang membersihkan lantai kantor atau menyediakan kopi di pagi hari untuk Anda berhak mendapatkan penghormatan. Dengan menghormati orang lain, mereka pun akan menghormati Anda, B’timers. Namun yang paling penting, hormati diri Anda sendiri. Jika Anda meremehkan diri sendiri, mana mungkin orang akan menghormati Anda?

Untuk mengubah dunia, jangan hanya menuntut orang lain yang melakukannya. Mulailah dari diri Anda sendiri, B’timers. Dan saksikan bagaimana dunia berubah menjadi lebih baik dengan itu. (NO) 

Share This Article