Yuk, Tanamkan Sifat Pantang Menyerah Pahlawan! | Breaktime
Yuk, Tanamkan Sifat Pantang Menyerah Pahlawan!
17.08.2016

Banyak cara untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Itu semua bisa dilakukan mulai dari hal yang paling kecil dan muncul dari dalam diri sendiri, salah satunya menanamkan sifat pantang menyerah untuk hal apapun. Seperti halnya para pahlawan yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

Semangat tangguh dan pantang menyerah para pahlawan, yang berjuang melawan penjajah hanya dengan menggunakan bambu runcing, berarti bahwa mereka berani mengambil sikap apapun dan rela berkorban demi negara.

Semangat pantang menyerah para pahlawan Indonesia patut kita jadikan contoh untuk kehidupan sekarang ini. Lalu bagaimana menciptakan rasa pantang menyerah dari dalam diri? Berikut tipsnya untuk Anda.

Yuk, Tanamkan Sifat Pantang Menyerah Pahlawan! | Breaktime
Bung Karno dan rakyat Indonesia pantang menyerah melawan penjajah

1. Mengakui kelemahan

Setiap orang punya kelemahan dan kelebihan dalam dirinya. Setiap orang pun ingin memiliki kesuksesan dalam hidupnya, namun seringkali terhalang oleh kekurangan yang dimiliki dan akhirnya membuatnya mudah menyerah. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyadari kelemahan Anda, sehingga siap untuk memperbaikinya.

2. Memotivasi diri sendiri

Memotivasi diri adalah hal yang sangat penting untuk kemajuan hidup Anda. Jangan terlalu lama terpuruk dan terlalu memikirkan kelemahan Anda. Motivasi diri sendiri untuk memperbaiki semuanya. Anda juga bisa menjadikan objek lain sebagai alat untuk memotivasi diri. Seperti para pahlawan yang termotivasi untuk membuat negaranya aman dan hidup tenteram, akhirnya mereka pun pantang menyerah melawan penjajah meski tanpa senjata.

3. Percaya dengan kemampuan diri sendiri

Percaya pada diri sendiri adalah hal yang positif sehingga dapat mempengaruhi mental dan fisik secara signifikan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Orang yang optimis memiliki peluang lebih besar dibandingkan dengan orang yang pesimis.

4. Tetap berusaha

Seperti kata Mahatma Gandhi, seorang filsuf dari India, bahwa “kepuasan itu terletak pada usaha, bukan pada pencapaian hasil. Berusaha keras adalah kemenangan besar”. Manfaatkan segala kesempatan, selama kesempatan itu di jalan yang benar.

Nah, itulah tips agar B’timers bisa memiliki jiwa pantang menyerah. Kita dapat mempelajari banyak hal dari perjuangan para pahlawan dan bisa terus mengubah sedikit demi sedikit negeri ini. (vpd)

Share This Article