Yuk, Hentikan Kebiasaan ini Setiap Weekend! | Breaktime
Yuk, Hentikan Kebiasaan ini Setiap Weekend!
24.03.2016

Yippie, weekend is coming! Nah, kebiasaan apa yang Anda lakukan setiap akhir pekan, B’timers? Begadang hingga larut, karena esok tidak perlu buru-buru bangun dan berangkat ke kantor. Hang out bersama teman teman dan menghabiskan porsi besar makanan. Hmm, Anda termasuk orang yang suka melakukan balas dendam di akhir pekan, ya, B’timers?

Padahal dengan kebiasaan yang sering Anda lakukan setiap weekend, tubuh akan mengalami kesulitan dalam mengembalikan pola atau rutinitas pada pekan berikutnya. Jadi, Anda akan lebih sulit bangun pagi pada hari Senin, B’timers. Karena itulah, sebaiknya mulai sekarang, yuk, hentikan kebiasaan-kebiasaan ini:

  • Terjaga hingga larut dan tidur keesokan harinya

Jetlag tidak hanya terjadi setelah Anda bepergian ke luar negeri dengan pesawat saja, lho, B’timers. Dengan menunda tidur pada malam sebelumnya, tubuh akan ikut mengubah zona waktu alaminya. Selain itu, kebiasaan tidur terlambat pada akhir pekan juga akan membuat Anda sulit tidur saat malam berikutnya datang.

Yuk, Hentikan Kebiasaan ini Setiap Weekend! | Breaktime
Weekend means party time!
  • Melupakan olahraga di akhir pekan

Sebuah studi dari Appalachian State University di North Carolina menunjukkan bahwa latihan fisik di pagi hari akan maksimal, jika Anda tidur Anda berkualitas setiap malam. Well, meskipun mungkin tergoda untuk melewatkan olahraga pada akhir pekan karena ingin tidur lebih lama, paksakan untuk melakukan setidaknya 10 menit peregangan.

  • Terlalu banyak minum alkohol

Alkohol memang bisa menjadi penenang, tapi juga dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Jika Anda terbangun dengan kondisi mabuk di tengah malam, tubuh akan merasa tidak nyaman. Dan akan lebih sulit untuk kembali terlelap, B’timers. Bahkan sekalipun bisa tidur lagi, Anda tidak akan bisa tidur dengan nyenyak sampai pagi.

Yuk, Hentikan Kebiasaan ini Setiap Weekend! | Breaktime
Terlalu banyak alkohol dapat mengganggu waktu tidur
  • Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur

Ada acara makan-makan di akhir pekan dengan rekan kerja, hidangan menunya adalah seafood bakar, pasta atau pizza. Hmm, siapa yang mau melewatkan undangan ini, B’timers! Tetapi, terlalu banyak makan beberapa saat sebelum tidur akan menyebabkan sakit maag dan gangguan pencernaan lain. Hal ini yang pada akhirnya dapat mempengaruhi tidur Anda.

  • A late coffee in your Sunday afternoon

Kafein memang perlu. Tapi, jika pada hari Minggu Anda meminum secangkir kopi pada petang hari, jangan salahkan siapa-siapa jika Anda akan lebih sulit tidur malamnya, B’timers. Sekalipun Anda adalah penggemar berat minuman berkafein ini, setidaknya minumlah kopi minimal 6 jam sebelum waktu tidur Anda di akhir pekan.

  • Menonton acara favorit selama berjam-jam

Semua orang pasti memiliki acara favorit yang ingin ditonton pada akhir pekan. Namun, bukan berarti Anda diperbolehkan untuk menatap layar hingga berjam-jam di sofa atau tempat tidur untuk menonton, B’timers. Perlu diketahui, cahaya dari layar TV atau ponsel dapat mempengaruhi kinerja otak. Dan dampaknya, sulit tidur (lagi).

Yuk, Hentikan Kebiasaan ini Setiap Weekend! | Breaktime
Banyak yang masih menggunakan laptop atau ponsel sebelum tidur

Jika di akhir pekan Anda sudah berbaring di tempat tidur dan tetap sulit memejamkan mata, cobalah teknik relaksasi pernapasan, B’timers. (NO)

Share This Article