Wow! ini Efek Positif Kecerdasan Emosional | Breaktime
Wow! Ternyata ini Efek Positif Kecerdasan Emosional
07.03.2016
“You can make more friends in two months by becoming interested in other people than you can in two years by trying to get other people interested in you” – Dale Carnegie

Banyak dari kita yang menyadari IQ (Intelligence Quotient) dirancang untuk mengukur kecerdasan intelektual, yang nilainya diambil dari serangkaian tes. Mungkin Anda salah seorang yang diwajibkan mengikuti tes IQ untuk bergabung di sebuah perusahaan, B’timers? Skor IQ yang lebih tinggi menunjukkan kemampuan kognitif yang lebih baik, atau kemampuan untuk belajar dan memahami.

Sementara EI atau EQ (Emotional Quotient) merupakan konsep yang lebih modern yang dikembangkan pada pertengahan 1990-an oleh Daniel Goleman. Kecerdasan emosional ini adalah ukuran dari kemampuan setiap individu dalam mengenali dan mengelola emosi mereka dan emosi orang lain, baik secara individual maupun kelompok. Dan berikut efek positif kecerdasan emosional yang Anda miliki, B’timers.

  • Sanggup memecahkan masalah dengan baik

Kecerdasan emosional bukanlah menangnya hati atau perasaan saat beradu dengan kepala atau pikiran, B’timers, melainkan kombinasi dari keduanya. Mereka yang cerdas secara emosional dapat menggunakan serta mengatur emosi dalam memecahkan suatu masalah. Beberapa ahli bahkan berpendapat, EQ jauh lebih penting daripada IQ.

Wow! ini Efek Positif Kecerdasan Emosional | Breaktime
Seorang pemimpin diwajibkan memiliki EQ tinggi
  • Memiliki kesadaran diri

Kesadaran diri yang dimaksud di sini adalah mengetahui apa yang Anda rasakan, dan mengapa Anda merasa seperti itu. Dan hal tersebut akan membantu Anda mencari tahu bagaimana mengatasi masalah yang ada. Misalnya ketika marah atau kecewa untuk alasan yang tak terduga, Anda akan merasa tertantang untuk menghadapinya.

  • Memiliki keterampilan manajemen diri

Manajemen diri pada orang yang cerdas mengacu pada kemampuan untuk mengatur emosi. Beberapa dari kita lebih memakai hati saat menghadapi suatu masalah, sehingga terkadang tidak dapat mengatur diri sendiri ketika menjadi terlalu emosional. Dan efek positif kecerdasan emosional adalah Anda tidak akan terbawa keadaan emosional yang buruk, B’timers.

  • Menanamkan rasa empati

Empati adalah kemampuan diri Anda untuk menempatkan diri pada posisi orang lain. Memiliki empati sebagai orang yang cerdas secara emosi memungkinkan Anda untuk melangkah keluar dari diri sendiri dan melihat perspektif orang lain. Dan sebenarnya rasa empati ini merupakan keterampilan yang dapat dipelajari, lho.

Wow! ini Efek Positif Kecerdasan Emosional | Breaktime
Orang menyukai pemimpin yang memiliki rasa empati
  • Memiliki keterampilan sosial yang mengesankan

Untuk memahami lingkungan dan orang-orang di sekitar Anda membutuhkan skill, lho, B’timers. Dan dengan EQ yang tinggi, akan memungkinkan Anda untuk dapat menilai situasi dan mengambil pendekatan yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan sosial. Mengetahui dengan siapa Anda berinteraksi dan apa kebutuhan mereka, menunjukkan Anda menerima dan menghormati orang lain.

Selain itu, efek positif kecerdasan emosional yang akan Anda dapatkan adalah, Anda akan lebih berani dan tangguh, lho, B’timers. (NO) 

Share This Article