Wow, Ternyata Ada Fobia Terhadap Seks, Lho! | Breaktime
Wow, Ternyata Ada Fobia Terhadap Seks, Lho!
10.12.2015

Selain dikaruniai akal dan pikiran, seseorang juga memiliki rasa yang terbagi menjadi berbagai macam, seperti rasa suka, senang, gembira, kecewa, susah, sedih sampai dengan takut.

Perasaan takut sendiri juga terbagi menjadi beberapa macam, yaitu;

Fobia

Fobia merupakan gangguan anxietas fobik yang menyebabkan rasa takut berlebihan akan sesuatu hal atau fenomena dan cenderung tidak rasional.

Trauma

Trauma adalah jenis gangguan kejiwaan yang muncul sebagai akibat dari suatu peristiwa dan membuat seseorang mengalami stres dan depresi.

Paranoid

Paranoid merupakan proses terjadinya gangguan pikiran dengan ciri kecemasan atau ketakutan yang berlebihan dan terkadang menimbulkan delusi.

Dari ketiganya, fobia merupakan gangguan yang memiliki banyak ragamnya, mulai dari yang sepele sampai dengan yang tingkatannya tidak masuk akal. Berikut ini adalah macam-macam fobia dengan kategori irrational.

Wow, Ternyata Ada Fobia Terhadap Seks, Lho! | Breaktime
Ada fobia yang masih dapat dikatakan masuk akal, ada pula yang tidak masuk akal sama sekali

Venustraphobia

Venustraphobia adalah rasa takut ketika melihat wanita cantik. Tentunya fobia jenis ini sangat aneh karena menjadi satu hal yang tidak masuk akal di mana banyak pria suka melihat wanita cantik, dan si pengidap venustraphobia justru ketakutan jika ada kaum Hawa berparas menawan di dekatnya.

Euphobia

Tak kalah aneh, euphobia adalah jenis fobia akan sebuah kabar baik. Hal ini disebabkan karena sang penderita pernah mendengarkan berita baik dan berita tidak baik secara bersamaan.

Phobophobia

Nah, fobia jenis ini lebih aneh lagi karena fobia saja sudah memiliki artian takut akan sesuatu atau fenomena secara tidak rasional, tapi phobophobia ini justru takut akan fobia. Jadi dapat dikatakan sang penderita fobia ini takut akan fobia atau takut untuk memiliki fobia.

Philophobia

Jika venustraphobia takut akan wanita cantik, fobia satu ini lebih ekstrem lagi karena takut untuk jatuh cinta. Philophobia dipicu karena rasa sakit akan kegagalan cinta yang teramat sangat sehingga tidak mau lagi untuk menjalin cinta  dan membuka hati kembali.

Cherophobia

Fobia satu ini merupakan rasa takut yang tidak rasional karena takut akan kegembiraan atau rasa senang. Orang yang memiliki fobia ini percaya bahwa di balik kegembiraan akan ada tragedi atau peristiwa buruk yang akan terjadi.

Wow, Ternyata Ada Fobia Terhadap Seks, Lho! | Breaktime
Rata-rata fobia awalnya dipicu oleh kejadian yang tidak mengenakkan dan terus dikenang sehingga selalu takut akan suatu hal atau fenomena

Clinophobia

Clinophobia adalah jenis fobia yang dapat dikatakan berbahaya karena penderitanya takut untuk tidur. Pemicunya adalah selain karena gangguan fisik dan insomnia, rata-rata dikarenakan mimpi buruk yang berkepanjangan.

Hylophobia

Jika orang normal pada umumnya mungkin tidak akan mempermasalahkan apapun yang terbuat dari kayu, akan tetapi penderita fobia satu ini akan merasa ketakutan jika melihat banyak benda dari kayu. Bahkan tidak jarang mereka takut akan pohon.

Ablutophobia

Ablutophobia adalah ketakutan seseorang akan aktivitas mandi atau membersihkan diri. Jadi jangan heran apabila B’timers menjumpai orang yang memiliki fobia ini akan merasa pusing karena bau badan yang sangat “berbeda”.

Cathisophobia

Jenis fobia satu ini juga aneh karena pada umumnya, seseorang akan senang jika harus duduk dan bersantai. Akan tetapi pengidap cathisophobia justru akan berontak jika diminta untuk duduk dalam jangka waktu lama karena merasa sulit bernapas dan terkekang.

Coitophobia

Seks adalah hal yang wajar dan merupakan satu kebutuhan alami setiap manusia, akan tetapi ada juga lho yang takut akan hal tersebut. Ketakutan akan aktivitas seksual ini dinamakan coitophobia.

Adakah dari B’timers sekalian yang memiliki salah satu dari jenis fobia aneh di atas? (das)

Share This Article