Wow! Ini Ciri Jika Anda Tipe Pendengar yang Baik | Breaktime
Wow! Ini Ciri Jika Anda Tipe Pendengar yang Baik
12.04.2017

Apakah Anda sudah merupakan tipe pendengar yang baik untuk orang lain, B’timers? Ini yang mungkin sangat mengejutkan. Karena penilaian dari diri kita, bukanlah merupakan poin utama. Selama ini Anda mengira, diri Anda adalah tipe pendengar yang baik, yang disertai dengan selera humor yang menarik. Namun pada kenyataannya, diri kita tidaklah sebagus itu, B’timers.

Wow! Ini Ciri Jika Anda Tipe Pendengar yang Baik | Breaktime
Semua orang bisa berbicara. Hanya sedikit yang mendengarkan

Karena menurut penelitian, sangatlah tidak mudah untuk menjadi seorang pendengar yang baik. Bahkan hanya dengan mengandalkan salah satu indera yang Anda miliki, yaitu sepasang telinga, tak cukup untuk menjadi seorang pendengar yang baik, B’timers. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri yang dimiliki oleh mereka para pendengar yang baik. Apa saja, ya? C’mon, let’s check this out!

Baca juga: AJARI ANAK CARA MANAJEMEN UANG, TIDAK SULIT, KOK

Sebagai seorang pendengar yang baik, mereka tahu bahwa sangat penting untuk mencurahkan seluruh perhatian mereka pada lawan bicara. What? Anda dapat mendengarkan dengan baik meskipun sambil bermain ponsel? Well, mungkin Anda memiliki kemampuan melakukan banyak hal dalam sekali waktu. Tapi ingatlah, karena sebenarnya tidak ada seorang pun di dunia ini yang mampu mengerjakan semua tugas dalam waktu bersamaan. So, singkirkan semua gangguan yang menghalangi Anda jadi pendengar yang baik!

Wow! Ini Ciri Jika Anda Tipe Pendengar yang Baik | Breaktime
Luangkan waktu Anda untuk mencurahkan perhatian dan mendengar

Ciri berikutnya yang ditunjukkan oleh seorang pendengar yang baik adalah mereka sanggup memberi respon di saat yang tepat. Bahkan sebelum lawan bicaranya memberikan pertanyaan. Hal ini sebagai bukti bahwa kita mendengarkan apa yang mereka katakan dengan baik, B’timers. Nah, jika Anda ingin menjadi seorang pendengar yang baik, sebaiknya pasang dua telinga Anda untuk menangkap semua yang diceritakan oleh lawan bicara Anda, B’timers!

Baca juga: AWAS, INI TANDA-TANDA STRES YANG SERING TERLEWAT

Dan sayangnya tidak semua orang mengetahui, bahwa salah satu ciri yang dimiliki oleh setiap pendengar yang baik, tak melulu harus bisa memberikan solusi dan jalan keluar terbaik yang dibutuhkan oleh lawan bicara, B’timers. Karena sebenarnya, seseorang meminta Anda untuk mendengarkan, bukanlah karena mereka membutuhkan bantuan solusi. Ya, mereka ingin kita mendengarkan ceritanya untuk mendapat dukungan. Ini dapat membangun keintiman.

Wow! Ini Ciri Jika Anda Tipe Pendengar yang Baik | Breaktime
Hindari gangguan smartphone jika ingin jadi pendengar yang baik

Keberadaan media sosial memang bisa memberikan kemudahan bagi kita untuk berkomunikasi dengan seseorang yang jauh, B’timers. Tapi sayangnya kemajuan teknologi yang satu ini menjadi penyebab dari berkurangnya toleransi masing-masing orang untuk melakukan komunikasi dengan baik. Sebagai sosok pendengar yang baik, seseorang biasa mengungkapkan pendapatnya dengan satu paragraf dan bukan hanya berupa sepotong kalimat yang tidak jelas. Penting untuk menggunakan pilihan kata yang benar.

Baca juga: DENGAR MUSIK SEDIH BISA BIKIN BAHAGIA, BENARKAH?

Tanda dari seorang pendengar yang baik adalah mereka tidak hanya memberikan respon secara verbal kepada lawan bicaranya, B’timers. Mereka juga memberikan tanggapan pada orang yang mengajaknya berbicara dengan melakukan kontak mata dan menjaganya. Tidak hanya itu saja. Mereka juga biasanya menunjukkan ekspresi wajah yang sesuai. Tanggapan yang mereka berikan tak perlu menunggu sampai lawan bicaranya selesai bercerita. Namun mereka menunjukkan tanggapan non verbal saat mendengar.

Well, pada kenyataannya, menjadi pendengar yang baik tidaklah semudah yang kita saksikan di banyak kesempatan, B’timers. Untuk itulah jika Anda ingin menjadi pendengar yang baik, Anda harus mau untuk melakukan praktek. Karena setiap pendengar yang baik, pada awalnya juga bukan tipe pendengar yang baik, B’timers.

Dan tak perlu mencari lawan bicara yang memiliki masalah besar, kok. Karena untuk menjadi pendengar yang baik, Anda dapat membantu masalah kecil yang dimiliki oleh orang-orang di sekitar Anda. Ingatlah, bahwa berbicara adalah hal yang sangat mudah. But being a good listener is a lot harder, B’timers. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE